News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

7 Inovasi Teknologi dalam Revolusi Industri Perhotelan

2019-04-15

Digitalisasi kian berkembang dengan cepat dan merambah ke berbagai sektor industri. Hal ini tentunya memberikan dampak positif dan membawa keuntungan bagi berbagai sektor, termasuk bagi industri perhotelan.Kemajuan teknologi seperti hadirnya layanan payment gateway, Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), dan otomatisasi telah merevolusi pengalaman konsumen dan membantu perkembangan bisnis perhotelan.

Berikut merupakan 7 inovasi teknologi yang perlu yang termasuk dalam revolusi industri perhotelan:

  • Internet of Things (IoT) telah banyak digunakan oleh hotel-hotel di seluruh dunia untuk menghubungkan berbagai perangkat melalui internet. Penerapannya seperti dimanfaatkan untuk mengendalikan lampu hingga suhu ruangan. Tentu hal ini akan berdampak besar pada efektivitas biaya operasional hotel sehari-hari.
  • Payment Gateway, sebuah medium atau layanan yang bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit maupun pembayaran online bagi kliennya dalam aktivitas bisnis elektronik/ online. Layanan ini ditawarkan Faspay dengan berbagai fitur unggalan seperti sistem deteksi keamanan terkini, integrasi cepat, UNIcount (pembayaran berbagai transaksi melalui 1 nomor transaksi), dan dashboard yang terpusat.
  • Big Data, penggunaan pengumpulan data yang berkembang pesat di hampir semua industri, begitu pula perhotelan. Big data dapat digunakan untuk membantu pihak hotel menawarkan pengalaman yang lebih personal. Seperti misalnya, pihak hotel dapat menawarkan rekomendasi lokasi wisata yang cocok berdasarkan usia, budget dan jenis kelamin.
  • Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) salah satu teknologi yang siap memberikan dampak di industri perhotelan yang dapat membantu pihak hotel untuk memprediksi momen-momen ketika kamar terisi penuh dengan melihat pada tren check-in tamu.
  • Augmented Reality (AR), menghadirkan pengalaman yang canggih bagi tamu untuk dapat melakukan tur virtual untuk melihat fasilitas-fasilitas maupun atraksi yang ditawarkan hotel.
  • Teknologi Pengenalan (Recognition Technology), teknologi ini menghadirkan autentikasi biometri yang lebih mulus yang dimanfaatkan para tamu untuk membuka kamar hotel dan melakukan check-in/ check-out dengan pemindaian wajah atau sidik jari.
  • Chatbot ialah layanan yang memungkinkan para tamu untuk mengajukan pertanyaan dan berinteraksi dengan AI. Chatbot dapat menyediakan jawaban dan memahami pertanyaan-pertanyaan sederhana, pihak hotel pun dapat dimudahkan dengan adanya layanan ini dan fokus pada hal-hal yang lebih kompleks.

Berbagai inovasi teknologi yang telah dipaparkan diatas tentunya telah dan akan merevolusi industri perhotelan menjadi semakin memanjakan para calon tamu. Faspay, sebagai salah satu penyedia layanan payment gateway terbaik di Indonesia, tentunya senantiasa memberikan layanan produk dan layanan terbaik khususnya bagi industri perhotelan. Melalui produk Faspay Billing, Faspay mampu memberikan solusi bagi pelaku bisnis hotel untuk mengurasi pembatalan reservasi, ketidakhadiran tamu ataupun masalah chargeback melalui layanan e-mail invoicing.

Faspay Billing dapat digunakan pihak hotel untuk mengirimkan tagihan online untuk reservasi kamar, banquet, dan meeting room tanpa perlu melakukan proses integrasi di sisi website hotel. Untuk itu, jangan ragu untuk menggunakan layanan Faspay Billing untuk bisnis Anda sekarang.

| Editor : YJ |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here