News & Articles

The latest update of what is going on in the ecommerce industry

Tren Akuisisi Perusahaan

2017-08-31

Menuju quarter akhir 2017, berbagai berita tentang akuisisi dan suntikan dana segar dari berbagai perusahaan besar di dunia yang termasuk dalam golongan perusahaan Unicorn kian banyak terdengar. Salah satu cara perusahaan asing masuk ke Indonesia adalah dengan mengakuisis perusahaan lokal.

Mereka yang disebut sebagai perusahaan unicorn adalah perusahaan yang bernilai minimal 1 Miliyar Dollar Amerika Serikat. Para perusahaan yang termasuk golongan Unicorn ini tentunya ingin terus menguasai pasar tidak hanya di negaranya, namun juga di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Perkembangan dunia e-commerce di beberapa tahun belakangan memang terlihat amat pesat walau tidak semua perusahaan terus berada di posisi nyaman. Mereka yang bertahan adalah yang memiliki kekuatan, tidak hanya dari segi dana, namun juga adalah ke-khas-an produk atau layanan yang ditawarkan yang juga membuat masyarakat akan tetap memilih perusahaan tersebut. Mereka yang tidak memiliki satu ciri khas tertentu pun banyak yang akhirnya mulai melambaikan bendera putih.

Karena perlombaan yang kian ketat, kegiatan akusisi dan merger sering terjadi beberapa bulan belakangan. Kegiatan ini juga diakibatkan beberapa faktor yang biasanya sering kita dengar, seperti keinginan suatu perusahaan untuk menguasai suatu bisnis baru, pengembangan bisnis, hingga ketidakmampuan finansial dari sebuah perusahaan sehingga diakuisisi menjadi suatu pilhan terbaik untuk mempertahankan perusahaannya. Berbeda dengan sistem merger yang meleburkan 2 atau lebih perusahaan menjadi satu perusahaan baru dan membuat perusahaan lama harus menghilang, sistem akuisisi memampukan dua perusahaan untuk tetap berjalan dengan namanya masing-masing dan bahkan saling membangun satu sama lain.

Keuntungan lainnya dari sebuah akuisisi adalah percepatan penguasaan suatu bidang tanpa perlu memulainya dari nol. Mengapa membuang waktu dan tenaga untuk membangun sebuah anak perusahaan dari titik nol, apabila Anda dapat menguasi bidang tersebut dengan cara melakukan akuisisi ke perusahaan lain yang telah menjalankan bisnis tersebut lebih dahulu?

Namun demikian, mengakuisisi perusahaan tidak hanya berbicara tentang penanaman modal, melainkan ada tugas yang cukup sulit untuk dijalankan, yaitu menjalankan dua perusahaan berbeda untuk berjalan di satu garis yang sama. Menggabungkan dua budaya perusahaan dan membuat para pegawai untuk saling mengerti budaya antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya hingga membagi tugas dan tanggung jawab demi memajukan kedua perusahaan merupakan tantangan yang harus dihadapi.

| Editor : KGK |

Load More...

Register to get Paid!

Place the name of your store here