Tips UMKM agar Sukses Berjualan Online

tips umkm agar sukses berjualan online

Persaingan bisnis antar UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) semakin ketat. Banyak usaha atau bisnis yang dibuka, tetapi tak sedikit pula yang berakhir gagal karena tidak mampu bersaing.

Di era digital ini, sudah seharusnya Anda ikut memanfaatkan teknologi digital dalam bisnis Anda. Berikut ini sejumlah tips sukses berjualan online yang perlu diperhatikan UMKM:

1. Mempelajari strategi pemasaran yang online

Berjualan online tidak hanya sekedar memposting produk atau jasa yang ditawarkan ke media-media online seperti ke media sosial, marketplace, maupun website. Terdapat berbagai strategi marketing atau pemasaran online yang perlu dipelajari dan diterapkan. Seperti misalnya, mempelajari bagaimana membuat konten promosi yang menarik, cara mengoptimisasi mesin pencari (SEO), cara beriklan di media sosial, dan strategi pemasaran lainnya yang perlu dipahami seluk-beluknya.

2. Memberikan Respons yang Cepat pada pelanggan

Pelaku bisnis perlu memastikan untuk selalu merespons pesan dari pelanggan dengan cepat. Ada platform media sosial maupun chatting yang bisa menjadi sarana untuk melakukan interaksi kapan saja dan dimana saja. Kecepatan merespons ini akan meningkatkan reputasi bisnis dan meningkatkan kesempatan calon pelanggan untuk membeli.

3. Terus mengkomunikasikan nilai tambah bisnis

Pastikan Anda terus mengkomunikasi nilai tambah bisnis Anda sehingga semakin banyak pula pelanggan yang mempercayai dan menggunakan produk atau jasa Anda. Nilai tambah tersebut bisa berupa akses layanan yang cepat dan mudah, kualitas jasa dan produk dan lainnya yang dikomunikasi melalui berbagai media.

4. Mengelola ulasan positif dari pelanggan

Ketika pelaku UMKM menjalani bisnis online, maka sangat penting untuk menjaga nama baik bisnis untuk tetap menjaga kepercayaan pelanggan. Pastikan pelayanan bisnis Anda prima dan kualitas produk yang baik. Anda juga bisa meminta kesediaan pelanggan untuk membagikan ulasan positif bisnis Anda, sehingga semakin menarik calon pelanggan lainnya.

5. Memberikan cara bayar online yang praktis dan aman

Salah satu hal yang paling krusial bagi pengalaman berbelanja online pelanggan ialah cara bayar online yang praktis dan aman. Metode pembayaran online yang beragam pun perlu disediakan sehingga mampu mengakomodasi kebutuhan pembayaran pelanggan yang beragam pula.

Berbagai tips tersebut merupakan tips berjualan online untuk pelaku UMKM di Indonesia. Sebagai penyedia sistem pembayaran online bagi UMKM maupun tipe bisnis apapun, Faspay dapat memproses berbagai macam metode pembayaran online seperti kartu kredit, internet banking, virtual account, mobile banking, e-money, retail payment hingga kredit online. Saat ini Faspay telah memproses lebih dari dua juta transaksi setiap tahunnya untuk lebih dari 100 bank baik nasional dan lokal di Indonesia. Dengan sistem Fraud Detection System terkini dan kepemilikan sertifikasi PCI-DSS Level 1, membuktikan bahwa keamanan bertransaksi online menjadi perhatian spesial bagi Faspay. Di awal tahun 2019, Faspay terpilih menjadi “2019 Indonesia Payment Gateway Company of the Year” oleh Frost & Sullivan Best Practices Award.

Bagi Anda yang ingin mencoba layanan Faspay untuk perkembangan bisnis Anda, Anda dapat menghubungi hello@faspay.co.id atau daftar disini!

Related Articles

​Together We Grow – Faspay Year End Gathering 2016

faspay_gath4.jpg

Faspay di Indonesia Fintech Show 2018

IFS-2018-Faspay.jpg