Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

Faspay > 10 Rekomendasi Usaha Sampingan yang Menjanjikan Banyak Cuan

10 Rekomendasi Usaha Sampingan yang Menjanjikan Banyak Cuan

usaha sampingan - faspay

Untuk mencapai kestabilan finansial, pada umumnya seseorang akan membutuhkan lebih dari satu sumber penghasilan. Salah satu cara untuk menambah sumber penghasilan adalah dengan melakukan usaha sampingan.

Seiring perkembangan zaman, ada banyak sekali usaha sampingan yang bisa Anda lakukan, mulai dari menjadi penulis konten hingga bisnis affiliate marketing. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan usaha sampingan, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui rekomendasinya.

Rekomendasi Usaha Sampingan yang Menjanjikan 

Sebelum melanjutkan ke pembahasan rekomendasi usaha sampingan, sebaiknya Anda perlu melakukan pembagian waktu dengan baik agar tidak sampai mengganggu pekerjaan utama Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengatur keuangan bisnis atau usaha Anda agar bisa mendapat lebih banyak keuntungan. Adapun rekomendasi usaha sampingan yang menjanjikan adalah sebagai berikut.

1. Content Writer

Content writer atau penulis konten adalah salah satu jenis usaha sampingan yang bisa Anda coba. Pekerjaan yang satu ini sangat fleksibel, Anda bisa melakukannya kapanpun dan di manapun. 

Selain itu, sudah ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menawarkan jasa penulisan konten. Dari aplikasi tersebut, Anda bisa mendapat banyak pelanggan, mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Apabila mampu melakukannya secara konsisten, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan yang terbilang banyak dari menulis konten.

2. Desainer Grafis

Usaha sampingan ini cocok untuk Anda yang memiliki jiwa seni tinggi. Pekerjaan sebagai seorang desainer grafis sangatlah luas, mulai dari pembuatan logo hingga spanduk acara. 

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba pekerjaan ini, tapi tak memiliki pengalaman apapun, Anda tak perlu khawatir karena sudah ada banyak kelas-kelas desain grafis gratis maupun berbayar yang tersedia secara online. Jadi, Anda bisa dengan bebas mengaksesnya dan mendapatkan banyak bekal untuk menjadi seorang desainer grafis.

3. Warung Kopi

Pada zaman sekarang, warung kopi menjadi salah satu tempat favorit anak-anak muda untuk nongkrong bareng. Maka dari itu, membuka warung kopi bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang bisa Anda coba. Pada umumnya, warung kopi akan mulai ramai ketika malam hari. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membukanya sejak pagi, buka saja warung tersebut setelah Anda pulang bekerja di sore hari. 

Untuk sajiannya sendiri tak perlu yang terlalu mewah, sediakan saja kopi, minuman instan, dan beberapa macam camilan. Agar pelanggan bisa semakin betah, Anda bisa memasang Wi-Fi sebagai fasilitas tambahan.

Baca juga: 9 Ide Bisnis Kreatif Yang Bisa Anda Lakukan Sambil Bekerja

4. Atlet E-Sport

Atlet E-Sport merupakan salah satu usaha sampingan yang menjanjikan dengan modal kecil. Sebagai modal awal, Anda hanya perlu memiliki smartphone dan jaringan internet yang stabil. Gaji yang bisa didapatkan dari menjadi atlet e-sport juga terbilang besar. Selain itu, Anda juga memiliki peluang untuk mewakili Indonesia di kompetisi internasional, seperti Sea Games. 

Perlu diingat, untuk dapat menjadi atlet e-sport dengan gaji besar, tentunya Anda harus sering berlatih dan meningkatkan kemampuan. Semakin tinggi skill Anda dalam bermain, maka semakin besar pula kemungkinan Anda memenangkan banyak turnamen dan direkrut tim-tim e-sport di Indonesia.

5. Agen Air Minum

Usaha sampingan yang berikutnya adalah agen air minum. Seperti yang sudah diketahui, air minum merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Maka dari itu, menjadi agen air minum bukanlah keputusan yang buruk. Agar usahanya lancar, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu, kira-kira air minum merk apa yang digemari masyarakat disekitar Anda agar air yang Anda jual tepat sasaran.

6. Jasa Tata Rias

Jasa tata rias bisa menjadi usaha tambahan Anda yang memiliki bakat melakukan make up. Ada banyak sekali kegiatan yang membutuhkan jasa seorang penata rias, mulai dari acara pernikahan hingga karnaval. Agar usaha Anda semakin dikenal masyarakat, buatlah portofolio yang menarik dan bagikan di media sosial Anda.

7. Franchise FnB

Jika memiliki modal yang lumayan banyak, maka Anda bisa coba melakukan kerjasama dengan franchise FnB sebagai usaha tambahan. Sekarang, sudah ada banyak sekali franchise FnB yang beredar di Indonesia, mulai dari ayam geprek hingga aneka es krim. Cari tahu franchise apa yang paling populer di daerah Anda dan pelajari penawaran yang mereka berikan. Pada umumnya, Anda hanya perlu membayar satu kali saja di awal kerja sama.

8. Dropship

Dropship merupakan kegiatan pemasaran suatu produk tanpa perlu melakukan stok. Singkatnya, jika ada transaksi, maka barang yang Anda jual akan dikirim oleh supplier ke pelanggan Anda secara langsung. Usaha ini juga tidak memerlukan banyak modal dan bahkan ada juga pihak supplier yang tidak menarik biaya sama sekali kepada calon dropshipper mereka. 

Baca juga: 8 Cara Memulai Bisnis Tanaman Hias Anti Boncos

9. Berjualan Suvenir dan Hampers

Suvenir dan hampers biasanya menjadi pilihan utama untuk dibawa ke berbagai macam acara maupun perayaan, seperti acara wisuda, ulang tahun, pernikahan, dan lain-lain. Maka dari itu, usaha sampingan yang satu ini sangat layak Anda coba karena memiliki peluang yang besar. Buatlah suvenir atau hampers yang kreatif dan jangan lupa untuk melakukan promosi online agar bisa menjangkau banyak orang.

10. Fotografer

Fotografer merupakan salah satu pekerjaan yang sering dibutuhkan banyak orang ketika ada perayaan atau kegiatan penting lainnya. Untuk bisa mendapat banyak klien, usahakan agar berfokus pada satu niche saja, misal sebagai fotografer acara pernikahan.

Itulah beberapa informasi mengenai rekomendasi usaha sampingan yang perlu Anda ketahui. Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan usaha adalah proses tagihan untuk para pelanggan. Semakin lancar proses tagihannya, maka usaha Anda akan semakin lancar dan pelanggan juga akan merasa nyaman. Untuk dapat menjalankan proses tagihan dengan lancar, Anda bisa mengandalkan Faspay Billing Lite.

Faspay Billing Lite merupakan aplikasi web-based (Web App) terbaru dari Faspay yang diperuntukan bagi pelaku UMKM agar bisa membuat payment link. Dengan mengusung konsep portable, Faspay Billing Lite dapat digunakan dengan mudah kapanpun dan di manapun.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan QR business profile dari Faspay untuk menyediakan katalog produk hingga link pembayaran secara praktis menggunakan kode QR. Jadi tunggu apalagi? Ayo gunakan Faspay sekarang juga dan jadikan usaha sampingan Anda semakin profesional.

Baca juga: 10 Manfaat Google Business Profile Untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Lihat Artikel Lainnya

invoice online

Ini 5 Cara Membuat Cash Flow Bisnis Anda Agar Lebih Baik

API Transfer Bank

How API Transfer Bank Makes Your Business Easier and More Efficient

payment gateway

Bagaimana Payment Gateway dapat Membantu Bisnis Bertumbuh? Yuk Simak!

Article Thumbnail Image Faspay Business

Jelang Promo Belanja Online Tanggal Kembar, Cek Persiapan Buat Bisnis Kamu!