Faspay Blog

Cari tahu tentang tips bisnis online, teknologi pembayaran,
pemasaran digital, dan segala yang ingin diketahui tentang Faspay

cara membuat qr code

Saat ini, terdapat berbagai cara membuat QR code yang praktis. Hal ini karena QR code sudah menjadi teknologi yang sangat memudahkan para pelaku usaha untuk mengelola informasi dan data bisnis.

Selain itu, melalui QR code payment konsumen bisa merasakan kemudahan transaksi sistem pembayaran cashless. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis secara digital, simak penjelasan di bawah ini untuk memahami lebih lanjut tentang cara membuat kode QR yang mudah.

Apa itu QR Code?

QR code adalah kumpulan kode piksel berwarna hitam dan putih yang tercetak di dalam kotak kecil serta menyimpan berbagai macam informasi.

Selain itu, QR code adalah revolusi dari teknologi barcode yang mengusung kode matriks dua dimensi. QR code mampu menyimpan data yang lebih besar daripada barcode.

QR (Quick Response) code bisa dipindai dengan menggunakan aplikasi pembaca QR di handphone atau scanner. Saat QR code dipindai, maka akan menampilkan berbagai informasi di dalamnya.

Saat ini, penggunaan QR code banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk meringkas informasi usaha mereka kepada para pelanggan. Informasi yang dimuat biasanya mulai dari daftar produk, harga, spesifikasi, sampai menu pembayaran.

Oleh karena itu, QR code banyak ditemukan pada pamflet-pamflet promosi produk maupun di kemasan produk itu sendiri. Ketika para pelanggan memindai kode QR tersebut, maka secara otomatis mereka bisa langsung mengakses berbagai informasi, seperti menu pembayaran, promo produk, dan lain sebagainya.

Cara Membuat QR Code

Kode QR sebenarnya sangat sederhana untuk dibuat. Panduan cara membuat kode QR juga sangat beragam dan tidak sulit diikuti. Bahkan, Anda bisa menerapkan cara buat QR code tanpa perlu aplikasi tambahan. 

Di Faspay, Anda dapat membuat QR code dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat kode QR yang bisa Anda ikuti.

  1. Akses Faspay Billing New/Business Profile.
  2. Klik pada Create Profile.
  3. Masukkan informasi business profile data yang dibutuhkan, seperti payment, links, maupun social icon.
  4. Kemudian, simpan data yang telah dimasukkan.
  5. Setelah itu, Anda bisa membagikan tautan QR Business Profile ke para pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Kode Referral, Contoh dan Cara Membuatnya

Manfaat QR Code

Penggunaan QR code yang sangat mendukung kegiatan bisnis online tentu mendatangkan banyak manfaat. Adapun beberapa manfaat QR code adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan transaksi penjualan bisnis. QR code membantu pelanggan mengakses informasi produk dan bertransaksi dengan lebih cepat. Hal ini membuat kegiatan jual beli ikut meningkat.
  • Menghemat Biaya Promosi. QR code bisa memaksimalkan aktivitas promosi online dengan biaya pengeluaran seminimal mungkin karena Anda tidak perlu lagi membuat katalog dalam bentuk pamflet dan mencetaknya.
  • Membangun User Experience. Cara kerja QR code yang hanya perlu dipindai dinilai lebih mudah dan praktis karena pelanggan tidak perlu khawatir adanya kemungkinan salah ketik alamat website toko online. Selain itu, tampilan QR code yang lebih minimalis dan mobile friendly bisa membangun user experience yang lebih positif.
  • Memantau Efektivitas Promosi. Melalui QR code, Anda bisa memantau aktivitas jual beli maupun promosi dengan melihat jumlah scan yang dilakukan pelanggan. Hal ini akan membantu Anda menilai seberapa efektif promosi melalui QR code dan menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Jenis-Jenis QR Code

Secara umum, QR code terbagi menjadi dua jenis berdasarkan fungsinya. Adapun dua jenis QR code adalah sebagai berikut.

  • QR Code Statis. Biasanya, kode QR statis dimanfaatkan untuk menampilkan rekening bank tertentu sebagai metode transaksi di toko online dan gambar dari produk katalog terbaru. QR code jenis ini tidak dapat diubah apabila telah dibuat. Jika ingin mengubahnya, maka Anda harus membuat kode QR baru.
  • QR Code Dinamis. QR code jenis ini cenderung lebih fleksibel karena informasi atau data di dalamnya bisa dengan mudah diperbarui. Kode QR dinamis cocok untuk menyimpan data tautan URL media sosial atau toko online.

Baca juga: 4 Cara Membuat QRIS Online Standar Pembayaran Nasional untuk Website dan Aplikasi Bisnis

Manfaatkan QR Business Profile dari Faspay agar Bisnis Lebih Efisien

Demikian penjelasan mengenai cara membuat QR code dengan praktis dan mudah. Dengan QR code, kebutuhan bisnis Anda bisa menjadi semakin lancar sehingga performa penjualan akan meningkat.

Selain cara buat QR code di atas, Anda pun bisa membuat QR code yang lebih multifungsi dengan Faspay. Faspay menawarkan layanan QR Business Profile yang memuat fitur-fitur unggulan, seperti custom link, product catalog, dan payment link.

QR Business Profile dari Faspay membantu Anda dalam membagikan profil bisa dengan lebih mudah menggunakan kode QR. Selain itu, para pelanggan pun bisa melihat produk, mengakses akun media sosial, dan melakukan transaksi dengan hanya menekan tautan yang ada di QR Business Profile.

Jadi, tunggu apalagi? Tingkatkan perkembangan bisnis Anda dengan layanan transaksi digital bersama Faspay dan daftar merchant sekarang!

Baca juga: Cara Membuat Linktree untuk Pengelolaan Bisnis Digital

Lihat Artikel Lainnya

Laporan Keuangan Perusahaan Pengertian Jenis Fungsi dan Manfaatnya Faspay

Laporan Keuangan Perusahaan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

WhatsApp Image 2020-10-08 at 10.59.00 AM

Faspay Adakan Kerjasama dengan Sitebeat: Tingkatkan Performa Bisnis Anda dengan Website dan Transaksi dengan Payment Gateway

WhatsApp Image 2022-01-31 at 4.45.47 PM

Kenali Metode Pembayaran Online Yang Sering Digunakan

Tax-for-ECommerce-in-Indonesia.jpg

​Tax Obligation for E-Commerce Players in Indonesia