Instagram Reels VS TikTok: Cara Baru Promosikan Produk, Mana yang Lebih Menguntungkan?

June 02 - Copy

Fitur baru di Instagram untuk merekam video berdurasi pendek, Instagram Reels resmi hadir di Indonesia. Reels merupakan fitur yang memungkinkan pengguna Instagram dapat merekam sekaligus menyunting video di Instagram. Instagram Reels sendiri disebut-sebut dan sekilas mirip dengan aplikasi TikTok yang belakangan ini sedang marak diperbincangkan. Meski keduanya nampak identik, namun TikTok dan Instagram Reels memiliki sejumlah perbedaan, misalnya dari segi durasi konten yang ditawarkan dan beberapa fitur lainnya dan ada beberapa persamaan, seperti menampilkan video-video pendek dengan berbagai tombol, seperti like, comment, share, dan lainnya. Lantas apa yang membedakan kedua aplikasi tersebut dan manakah yang paling menguntungkan untuk para pebisnis?

Instagram Reels VS TikTok
1. Durasi Video
Dikutip dari Hitekno.com, Instagram Reels memiliki durasi yang lebih pendek, yaitu 15 detik, sementara TikTok menawarkan durasi yang lebih panjang, yaitu 30 detik dan 60 detik di setiap videonya.

2. Tampilan Menu yang Berbeda
Walaupun kedua aplikasi ini sekilas tampak hampir sama, namun tampilan menu keduanya terlihat berbeda. Pada Instagram Reels, susunan menu mencakup Home, Search, Icon Reels, Shop, dan Profile. Sementara Sementara susunan menu bagian bawah di TikTok yaitu Home, Search, Icon Add Video, Inbox dan Profile. Home di TikTok bisa berfungsi menampilkan atau refresh video FYP. Tombol mengunggah kedua aplikasi ini juga berbeda, yaitu Instagram Reels di tombol ikon kamera di pojok kanan ata dan TikTok di tombol Add Video di bagian tengah. (Sumber: Hitekno.com)

3. Opsi Musik untuk Akun Bisnis
Dikutip dari Later, Pada Instagram Reels, tidak terdapat opsi pilihan musik untuk video, pengguna diharapkan untuk membuat atau menggunakan latar musiknya sendiri. Sementara di TikTok, pengguna telah disuguhkan berbagai macam opsi pilihan musik dengan berbagai genre yang dapat digunakan secara leluasa.

4. Tampilan dan Fitur yang Berbeda
Beberapa tampilan dan fitur kedua aplikasi ini berbeda, seperti tampilan ketika mengedit video, tampilan kolom “editing post”, dan beberapa tombol lainnya yang memiliki keunggulan masing-masing (sumber: Kompas.com)

Dari kedua aplikasi ini baik Instagram Reels maupun TikTok memiliki spesialisasinya masing-masing dengan berbagai keunggulan dan kelemahan, Namun, dilihat dari fitur yang ditawarkan oleh Instagram Reels, belum dapat mengalahkan secara mutlak dari fitur yang dimiliki TikTok yang beragam.

Namun, bukan hal yang tidak mungkin jika dalam beberapa bulan kedepan fitur-fitur yang ada di Reels dapat berkembang dengan pesat, hingga bisa mengalahkan TikTok. Jadi, tidak ada salahnya untuk belajar dan mencoba keduanya.

Related Articles

Mau Bisnis Melejit? Hindari 5 Hal yang akan Menghambat Bisnis Anda ini!

WhatsApp Image 2020-12-18 at 1.29.07 PM

​Tantangan Algoritma Baru Instagram

turnonpost-copy.jpg