Fintech Kian Marak, Ketahui Tren Industri Perbankan dan Layanan Keuangan 2021

tips-memilih-perusahaan-payment-gateway

Perkembangan industri Fintech atau Financial Technology semakin mendominasi pasar baik secara nasional maupun global. Fintech adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu proses transaksi yang dilakukan menggunakan sebuah teknologi. Sedangkan Fintech sendiri menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan inovasi dalam industri jasa keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Berikut adalah perkembangan fintech yang diperkirakan akan mendominasi pasar global

  • Gunakan RPA (Robotic Process Automation)

Robotic Process Automation (RPA) adalah salah satu tren industri Fintech yang paling banyak diterapkan. RPA digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, meminimalisir kesalahan, dan menghemat biaya. RPA dianggap menarik, karena bekerja lebih efektif dan jauh lebih cepat daripada manusia karena dioperasikan secara otomatis. 

RPA juga menggabungkan otomatisasi robotik dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk menangani tugas-tugas yang berulang. Berbagai tugas yang dapat dilakukan oleh sistem RPA sendiri cukup beragam, seperti membantu proses pembukaan atau penutupan rekening, mengelola permintaan audit, membantu proses klaim asuransi, dan lainnya.

  • Internet of Things

Internet of things (IoT) adalah suatu konsep atau program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Perkembangan IoT dapat dilihat mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet, dan QR (Quick Responses) Code. IoT juga sering diidentifikasi dengan RFID (Radio Frequency Identification) sebagai metode komunikasi. 

Selain itu, juga mencakup teknologi berbasis sensor, seperti teknologi nirkabel, QR Code yang sering kita jumpai. Kemampuan dari IoT sendiri tidak perlu diragukan lagi. Banyak sekali teknologi yang telah menerapkan sistem IoT bahkan digunakan dalam skala besar.

  • Open Banking

Open banking adalah sistem yang menyediakan pengguna dengan jaringan data lembaga keuangan melalui penggunaan antarmuka pemrograman aplikasi atau Application Programming Interface (API). Dengan ini, memudahkan nasabah untuk terhubung langsung dengan bank untuk proses transaksi, baik finansial maupun non-finansial yang lebih cepat dan aman.

  • Extended Application of Artificial Intelligence

Tentu akan ada lebih banyak bank atau perusahaan keuangan yang akan menggunakan Artificial Intelligence (AI) di dalam perusahaannya. Dalam industri keuangan, AI dapat digunakan untuk memeriksa rekening tunai, rekening kredit, rekening investasi hingga melihat kesehatan keuangan seseorang secara menyeluruh, dan banyak lagi. Selain itu, teknologi AI juga dapat membantu mendeteksi adanya serangan cyber dengan mengidentifikasi penipuan serta ancaman finansial. Dengan kemampuan ini, penggunaan AI diyakini dapat menekan biaya operasional sehingga perusahaan dapat lebih menghemat pengeluarannya.

  • RegTech

Regulatory management adalah salah satu tren yang muncul di sektor perbankan yang bertujuan untuk membatasi aktivitas penipuan dengan bantuan algoritma pembelajaran mesin yang dibuat berdasarkan big data. RegTech memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk membangun sistem tata kelola, kepatuhan, pengawasan transaksi dan pelaporan yang lebih komprehensif dan efisien dari segi biaya dan waktu. Perbedaan utama antara solusi RegTech dan solusi tradisional – yang umumnya mengandalkan spreadsheet, reporting yang tak efisien dan cenderung kuratif – adalah RegTech menampilkan kelincahan dan fleksibilitas. Walaupun solusi tradisional bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan sistem spesifik perusahaan, solusi ini seringkali tidak mampu mengintegrasikan regulasi dan konfigurasi baru. RegTech menawarkan kelincahan dalam mempelajari, mendukung dan menilai regulasi baru.

Teknologi akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, Anda harus senantiasa mengikuti perkembangan agar semakin efektif dan efisien. Bisnis Anda juga perlu berevolusi termasuk dalam menerapkan sistem transaksi online yang mudah, cepat, dan aman dengan payment gateway. Faspay menyediakan berbagai sistem transaksi online yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Hubungi kami lebih lanjut disini 

Related Articles

​Partisipasi Faspay dalam Hybrid Marketing for Indonesia E-Commerce  

fc1b9048-bf28-40aa-8147-520b5d8e2daa.jpg

Tips Memilih Payment Gateway yang Sesuai untuk Bisnis Online Anda

pexels-photo-164501.jpg

Tips Mengatur 5 Jenis Budget Menjelang Lebaran

ketupat-Hari-Raya-Indonesian-rice-cake.jpg