Strategi Tingkatkan Pengalaman Pelanggan yang Bikin Sukses Bisnis Anda

WhatsApp Image 2020-11-24 at 3.29.39 PM (1)

Dengan berkembangnya teknologi, berbisnis di era digital memiliki keuntungan tersendiri. Adanya informasi yang sangat cepat serta sistem yang jauh lebih efisien dari sebelumnya membuat memasarkan bisnis menjadi lebih mudah dan praktis, bahkan jauh lebih cepat daripada bisnis konvensional. Namun, bisnis digital ini ternyata memiliki tantangannya tersendiri, kemudahan yang ditawarkan membuat persaingan pasar menjadi semakin ketat. Maka dari itu, Anda perlu mengupayakan strategi yang maksimal.

Selain memikirkan strategi pemasaran, Anda wajib tahu strategi ini! Merangkul pelanggan Anda ternyata merupakan strategi efektif untuk membentuk dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Diketahui ternyata 89% pelanggan memutuskan untuk berhenti menggunakan barang/jasa tertentu karena adanya pengalaman berbelanja yang buruk. 

Walaupun terdengar sederhana, namun ternyata berinvestasi di pengalaman pelanggan bisa menjadi kunci kesempatan sukses bisnis Anda di era digital ini dengan lebih mudah. Pasalnya ternyata berinvestasi di pengalaman pengguna berpengaruh sebesar 45% dalam meningkatkan penjualan, 22 % berpengaruh meningkatkan kepuasan pelanggan, dan sebesar 33% mempengaruhi retensi belanja pelanggan Anda. Ternyata penting untuk selalu memastikan bahwa setiap konsumen bisa mendapatkan pengalaman yang memuaskan dari bisnis yang Anda jalankan. 

Lalu bagaimana dapat memulai berinvestasi di pengalaman pengguna? Anda bisa memulai dengan menerapkan lima strategi ini, yaitu:

  • Memahami Kebutuhan Pelanggan

Anda perlu mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan pelanggan Anda. Bukan hanya masalah produk yang Anda tawarkan, namun bagaimana Anda dan barang/jasa yang ditawarkan dapat menjadi solusi dari permasalahan mereka. Coba cari tahu dengan menanyakan secara langsung, melalui survei, atau observasi di lapangan.

  • Memberikan Pengalaman yang Baik

Pelanggan Anda akan cenderung merasa nyaman, jika Anda memberikan pelayanan yang baik. Anda bisa memulai dengan memberikan deskripsi detail mengenai produk/jasa bisnis Anda, menjawab pertanyaan dengan cepat, dan memberikan respon yang cepat.

  • Fokus pada Kepuasan Pelanggan

Dalam berbisnis, terdapat istilah “pelanggan adalah raja”. Tidak ada salahnya memperhatikan, mendengarkan, dan memberikan pengalaman terbaik yang nantinya juga akan berpengaruh terhadap bisnis Anda.

  • Mendengarkan Pendapat, Saran, dan Keluhan Pelanggan

Keberadaan customer service di bisnis Anda sangat diperlukan untuk mendengarkan pendapat, saran, dan keluhan dari pelanggan. Anda akan lebih tahu apa yang mereka butuhkan dan melihat kelemahan bisnis Anda, memperbaikinya, dan menjadikannya sebuah kekuatan.

  • Memberikan Pengalaman Transaksi yang Aman, Nyaman, dan Mudah dengan Faspay

Salah satu kunci kepuasan pelanggan adalah memberikan fasilitas pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan Faspay, pelanggan Anda dapat bertransaksi sesuai dengan lebih dari 40 channel pembayaran mulai dari Virtual Account, Internet Banking, Online Debit, Online Credit, Credit Card, e-Money, Mobile Banking, hingga Retail Payment.

Tunggu apa lagi? Mulai investasi pengalaman pengguna bagi bisnis Anda dimulai dengan memberikan sistem pembayaran yang aman, nyaman, dan mudah hanya dengan Faspay! Daftarkan bisnis Anda sekarang disini atau hubungi kami di sales@faspay.co.id. Pelanggan dijamin puas!

Related Articles

​Tips Meramaikan Transaksi Online di Toko Anda

bisnisOnline-1.jpg

Banking For Startups

Faspay_ADITIF-JDV.jpg

​Media Visit ke Redaksi Majalah SWA & MIX Marcomm

Faspay-Media-Visit-to-SWA-and-MIX.jpg