Mengenal Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan 6 Manfaatnya Bagi Bisnis Online

WhatsApp Image 2020-10-08 at 10.59.00 AM (1)

Meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi secara non tunai dengan menggunakan instrumen pembayaran kartu, diperlukan pengembangan infrastruktur, instrumen, dan mekanisme sistem pembayaran yang mampu memproses berbagai transaksi pembayaran. Tahukah Anda kalau ternyata Indonesia telah memiliki national payment gateway sendiri? GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) adalah sebuah sistem yang menghubungkan seluruh alat pembayaran berupa kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik dengan mesin/perangkat transaksi pembayaran seperti ATM, mesin Electronic Data Capture (EDC), atau kanal pembayaran lainnya.

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Sebuah pencapaian besar bagi dunia perbankan Indonesia dengan kehadiran Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang berupa sistem untuk mengintegrasikan transaksi antar bank. Sistem kerja GPN tidak jauh berbeda dengan jaringan prinsipal luar negeri seperti VISA atau Mastercard. 

Dengan GPN, pelanggan dapat melakukan transaksi, seperti pembayaran, transfer uang, atau tarik tunai tanpa biaya di semua mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau Electronic Data Capture (EDC) mana pun yang berlogo GPN di seluruh Indonesia.

Manfaat GPN Bagi Pebisnis 

GPN dirancang untuk mempermudah sistem pembayaran nasional yang saling terhubung dan saling dapat dioperasikan, meningkatkan perlindungan konsumen melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi, serta meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi. Namun, apakah manfaatnya secara spesifik bagi para pelaku bisnis online? Berikut 6 manfaat GPN bagi para pebisnis online.

  1. Aksesibilitas

Tidak dapat dipungkiri budaya cashless adalah fenomena ekonomi yang tidak lepas dari campur tangan pola bisnis dan kegiatan ekonomi yang terdigitalisasi. Disadari atau tidak, ini merupakan sebuah multiplier effect dari transformasi perilaku industri yang berbasis pada teknologi. Ternyata pemerintah dan perbankan Indonesia ternyata didukung secara penuh dengan mengeluarkan kartu GPN.

Dengan menggunakan kartu GPN, sebagai pelaku bisnis Anda dapat memproses segala jenis kartu debit berlogo GPN dari seluruh bank di Indonesia. Dengan demikian akan memudahkan Anda sebagai pelaku bisnis dalam menerima pembayaran di mana saja dan kapan saja. 

  1. Efisiensi

Sebagai pelaku bisnis, segala sesuatu perlu dilakukan secara efisien. Dengan menggunakan kartu GPN, Anda hanya perlu menggunakan satu mesin EDC untuk memproses kartu ATM berlogo GPN dari bank manapun di seluruh Indonesia.

  1. Fitur dan Layanan Terstandarisasi

GPN dirancang sedemikian rupa dengan jangka waktu pengerjaan dan riset yang cukup lama, membuatnya memiliki fitur dan layanan yang tidak diragukan lagi. GPN memiliki Merchant Discount Rate (MDR) lebih kompetitif dibanding metode pembayaran lainnya. Merchant Discount Rate adalah standar harga untuk seluruh acquirer.

  1. Peningkatan Bisnis

Tidak dapat dipungkiri, kenyamanan dan kemudahan bertransaksi menjadi nilai lebih bagi seorang pelanggan ketika menentukan dimana mereka hendak berbelanja. Maka, pebisnis perlu memberikan pengalaman yang baik yang nantinya akan berujung pada peningkatan  bisnisnya. Dengan kartu berlogo GPN, pelanggan Anda dapat melakukan transaksi dari bank manapun. Selain itu, cash handling bisnis Anda juga lebih efektif, sekaligus menghindari resiko adanya uang palsu dan pencurian. 

  1. Keamanan Jadi Lebih Terjamin 

Tindak penipuan atau pembobolan dari transaksi keuangan non tunai merupakan problematika serius yang mendasari dicetuskannya GPN. Dikontrol langsung oleh pemerintah, semua transaksi cashless dapat berjalan lebih aman di bawah bendera GPN. Sebab, setiap langkah prosesnya mulai awal hingga selesai melewati satu pintu.

Jadi, apakah untuk memudahkan transaksi bisnis apakah Anda sudah menerima layanan GPN? Selain menggunakan kartu debit, untuk urusan kemudahan transaksi, Anda bisa gunakan fitur payment link dari Faspay. Hadirnya fitur payment link yang diberikan oleh Faspay Billing akan membuat pelanggan atau user Anda semakin nyaman dan aman berbelanja. Lebih lanjut mengenai fitur payment link Faspay, kunjungi halaman ini!

Related Articles

Antisipasi Penurunaan Omzet Bisnis Usai Lebaran

Antisipasi Penurunaan Omzet Bisnis Usai Lebaran

Bagaimana Email Marketing Bekerja untuk Bisnis Online?

Bagaimana-Email-Marketing-Bekerja-untuk-Bisnis-Online.jpg

6 Manfaat Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Bagi Bisnis Online

WhatsApp Image 2020-10-08 at 10.59.00 AM (1)