Pengertian, Manfaat dan Keuntungan Payment Gateway Indonesia

Bagi para pelaku bisnis, biasanya sudah tak lagi asing dengan istilah payment gateway. Adanya sistem payment gateway Indonesia ini dapat memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran, penjualan, dan pembelian terutama di dunia bisnis atau toko online atau e-commerce. Apalagi semenjak adanya COVID-19 ini, jumlah toko online mengalami peningkatan drastis.

Bicara tentang payment gateway, sebetulnya apa sih payment gateway itu dan apa manfaatnya untuk bisnis? Simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Payment Gateway

Payment gateway adalah sebuah media transaksi yang disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce. Bisa memberi otorisasi pemrosesan kartu kredit, ataupun pembayaran langsung bagi pelanggan dalam aktivitas bisnis online. Indonesia payment gateway ini bisa mempermudah para pebisnis sekaligus pelanggan dalam bertransaksi.

Apa Manfaat yang Didapat Dengan Payment Gateway?

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan payment gateway. Baik itu manfaat bagi para pebisnis, ataupun manfaat bagi para pelanggan. Berikut beberapa manfaat penggunaan payment gateway untuk kedua belah pihak. 

  1. Pelaku bisnis tidak perlu membuat banyak rekening

Kemudahan pertama yang didapat dengan adanya sistem pembayaran online adalah pelaku bisnis tidak perlu menyediakan semua rekening dari seluruh bank di Indonesia. Payment gateway membuat Anda secara otomatis terjaring dengan bank-bank di Indonesia hanya dalam 1 kali integrasi.

  1. Mudahnya rekap pembayaran dan pembelian

Salah satu kegiatan yang memusingkan bagi para pebisnis adalah merekap pembayaran dan penjualan. Salah melakukan perhitungan, hasil rekapan Anda akan berantakan. Bahkan tak jarang harus mengulang rekapan dari awal. Dengan payment gateway ini, Anda tidak perlu merekap karena adanya laporan keuangan harian yang dikirim otomatis dan statistik penjualan yang dapat diakses real-time.

  1. Jangkauannya lebih luas

Mengandalkan sistem pembayaran atau pembelian manual, jangkauan bisnis Anda cukup terbatas. Berbeda dengan payment gateway Indonesia, akan memperluas jangkauan bisnis Anda hingga ke mancanegara. Pelanggan Anda nantinya bisa membeli barang dagangan Anda meski keberadaannya tidak di Indonesia. Tentu hal ini akan membuat bisnis Anda jadi lebih berkembang. Nilai produk Anda juga akan mengalami peningkatan karena telah berhasil menembus pasar asing. 

  1. Keamanan transaksi sangat terjamin

Terkadang hingga saat ini masih banyak orang yang enggan belanja online karena dirasa tidak aman. Hal ini tak lepas dari masih adanya kasus penipuan dalam transaksi jual beli online yang mengakibatkan konsumen jadi rugi. 

Hadirnya payment gateway dapat membangung “trust” atas reputasi bisnis online Anda di mata pelanggan. Keamanan payment gateway Indonesia ini sudah pasti terjamin karena diawasi dan memperoleh lisensi dari lembaga keuangan di Indonesia serta sertifikasi keamanan berstandar Internasional. 

  1. Transaksi tidak terbatas

Layanan payment gateway Indonesia ini dapat digunakan untuk transaksi dalam jumlah besar. Di waktu yang sama, Anda bisa melakukan puluhan, ratusan, hingga ribuan transaksi online yang diminta oleh para pelanggan. Anda juga tak perlu takut dengan adanya gangguan sistem. 

Nah, itu tadi pengertian serta manfaat yang akan Anda dapatkan sebagai pelaku bisnis saat memutuskan untuk menggunakan payment gateway. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan sistem payment gateway Indonesia yang bagus dan terpercaya? Daftar Faspay sekarang!

Related Articles

AKULAKU is now available as the Newest Payment Channel in FASPAY!

akulaku-Square_190121_163826.jpg

​DevOps Indonesia MeetUp #13 at Faspay

DevOps-Indonesia-MeetUp-at-Faspay-January-2019.jpg

Top Up Saldo Juragan Cash Pakai Maybank2U, Dapat Bonus Saldo 20%!

Top Up Saldo Juragan Cash Pakai Maybank2U, Dapat Bonus Saldo 20