Pebisnis Wajib Tahu! 5 Jenis TikTok Marketing Bagi Bisnis Anda

WhatsApp Image 2020-08-31 at 3.38.30 PM

Akhir-akhir ini, pengguna media sosial diramaikan dengan platform yang sedang naik daun, yaitu TikTok. Penggunaan platform media sosial TikTok masih terbilang baru di tengah maraknya digital marketing. Aplikasi yang awam dikenal sebagai media sosial berbasis hiburan ini masih terbilang sangat baru. Namun, ternyata TikTok dapat menjadi salah satu instrumen pemasaran digital yang efektif. Yuk, kenali fitur apa saja yang ditawarkan TikTok dalam menunjang aktivitas bisnis Anda.

 

Manfaat TikTok Bagi Bisnis Anda

Tidak jauh berbeda dengan platform digital lainnya, awal mula kehadiran TikTok di industri pemasaran digital diawali dengan adanya Covid-19 yang menggiring masyarakat Indonesia untuk menghabiskan mayoritas waktunya di rumah, sehingga yang awalnya hanya digunakan sebagai media hiburan berlanjut digunakan sebagai sarana lain, mulai dari kampanye sosial hingga sarana pemasaran bagi sebuah bisnis.

Banyaknya pengguna TikTok, yaitu lebih dari 500 juta pengguna aktif serta segmentasi pasar yang mayoritas didominasi anak muda menjadi ladang yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis. Selain itu, berbagai kemudahan dan fitur yang variatif mendorong para pelaku bisnis untuk pertimbangan dalam menjalankan strategi pemasaran. 

 

Fitur TikTok yang Menunjang Aktivitas Pemasaran Digital 

1.TopView

TopView merupakan fitur unggulan yang ditawarkan oleh TikTok untuk memasarkan bisnis Anda berupa iklan video yang berdurasi hingga 60 detik, yang ditampilkan secara full screen dan diputar secara otomatis. Fitur ini memungkinkan untuk dilihat oleh lebih banyak orang, karena akan muncul ketika pengguna membuka aplikasi. Beriklan menggunakan TopView juga dapat dilengkapi dengan hyperlink yang akan mengarahkan penonton ke halaman yang dituju.

2.In-Feed Ads

Fitur lainnya adalah In-Feed Ads, yaitu opsi lain bagi para pelaku bisnis berupa video yang berdurasi hingga 60 detik yang muncul pada feeds “for you” di TikTok. Selain itu, pengguna dapat memberikan like, komentar, dan mengikuti akun bisnis Anda. Bahkan pengguna dapat menggunakan musik Anda sebagai latar belakang musik konten mereka.

3.Brand Takeover

Berbeda dengan fitur sebelumnya, Brand Takeover merupakan fitur iklan atau gambar dalam bentuk JPG dengan durasi 3-5 detik yang berguna untuk mempromosikan bisnis Anda. Fitur ini umumnya berada di halaman awal ketika pengguna membuka aplikasi TikTok. Selain sebagai media promosi, ini juga berguna untuk mempromosikan Branded Hashtag yang akan dibahas pada poin selanjutnya.

4.Branded Hashtag Challenges

Seperti namanya, dengan fitur ini pelaku bisnis mengajak para pengguna TikTok untuk membuat konten berdasarkan hashtag tertentu. Biasanya digunakan sebagai bentuk kampanye pemasaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu merek tertentu. Tujuan akhirnya adalah dengan adanya challenges ini suatu merek dapat menjadi viral.

5.Branded Effect

Fitur Branded Effect biasanya berintegrasi dengan Branded Hashtag Challenge untuk meningkatkan interaksi antara pengguna dengan bisnis Anda. Seperti pengertiannya, “effect”  mengacu kepada penggunaan stikel, filters, special effect yang disisipkan ke dalam video dengan format 2D, 3D, atau AR (Augmented Reality). Menariknya dari fitur ini adalah Anda sebagai pelaku bisnis dapat memberikan pengalaman visual yang menyenangkan bagi para pengguna.

 

Penggunaan TikTok nyatanya tidak hanya sebagai media hiburan saja, namun dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran digital yang berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan bahkan meningkatkan penjualan bisnis Anda melalui konten-konten kreatif. Apakah Anda tertarik menggunakan TikTok sebagai media pemasaran digital bagi bisnis Anda?

Related Articles

Strategi Marketing untuk Menjangkau Millennials

Strategi-Marketing-untuk-Menjangkau-Millennials.jpg

Virtual Account: Metode Pembayaran yang Harus Diperhitungkan

Virtual-Account-Metode-Pembayaran-yang-Harus-Diperhitungkan.jpg

5 Email Otomatis yang Wajib Anda Kirimkan kepada Customer

man-reads-email.jpg