5 Alasan Mengapa Bisnis Online Anda Perlu Menggunakan QRIS

faspay qris

Bank Indonesia (BI) selaku pengatur kebijakan finansial di Indonesia telah menetapkan kebijakan baru dimana seluruh perusahaan penyedia layanan pembayaran cashless diminta untuk menggunakan QRIS atau Quick Response [QR] Code Indonesian Standard. QRIS sendiri adalah standar QR Code Payment dari Bank Indonesia dimana melalui satu QR Code QRIS, setiap masyarakat dapat melakukan pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik hingga mobile banking

Apa itu QRIS?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, QRIS menjadi standar QR Code Payment bagi pembayaran digital yang dilakukan melalui aplikasi elektronik seperti dompet digital atau mobile banking.

QRIS disusun oleh Bank Indonesia dan juga Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang memakai standar internasional EMV Co – sebuah lembaga internasional yang menyusun QR Code untuk pembayaran.

Tujuan dibentuknya QRIS adalah untuk memudahkan pembayaran digital di kalangan masyarakat, dan memudahkan adanya regulator untuk mengawasi dari satu pintu saja. Adanya hal ini akan membuat QRIS dapat digunakan lintas platform dan di berbagai aplikasi pembayaran. Jenis QR Code Payment sendiri ada dua yaitu QR statis dan QR dinamis. 

Alasan Mengapa Bisnis Anda Kini Harus Menggunakan QRIS

Fitur QRIS ShopeePay telah hadir dan siap digunakan untuk pelaku bisnis yang terhubung dengan layanan Faspay. Hadirnya fitur QRIS ini akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda para pelaku bisnis maupun para pelanggan. Beberapa keuntungan QRIS bagi para pelaku bisnis antara lain:

1. Menjalankan Program Bank Indonesia

QRIS adalah salah satu program dari Bank Indonesia untuk mempermudah program pembayaran digital dan bisa diawasi dari satu pintu. Sebagai pebisnis, Anda sudah seharusnya ikut berkontribusi untuk menyukseskan salah satu program dari Bank Indonesia ini. Jika dulu bisnis Anda mengandalkan pembayaran digital dengan menampilkan berbagai QR Code dari e-wallet, kini Anda hanya perlu 1 QR Code yang mampu menerima pembayaran digital dari berbagai e-wallet.

2. Memudahkan berlangsungnya proses transaksi

Hadirnya QRIS sebagai salah satu alat transaksi pembayaran akan membuat proses transaksi jadi lebih mudah. Anda tak lagi perlu banyak menyediakan QR Code untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi pembayaran. Hanya dengan 1 QR Code dari QRIS, Anda bisa menerima berbagai jenis pembayaran dari dompet digital. Ini membuat proses transaksi di toko online Anda jauh lebih cepat dan mudah. 

3. Menyediakan berbagai alternatif pembayaran

Beralih ke QRIS membuat bisnis Anda akan memiliki lebih banyak pilihan atau alternatif pembayaran dari berbagai dompet digital. Ini membuat pelanggan jauh lebih nyaman karena banyaknya pilihan yang ada. Jika dulunya bisnis Anda hanya menggunakan 1 hingga 2 pembayaran digital, kini dengan adanya sistem QRIS, Anda dapat menyediakan pembayaran digital yang lebih beragam. 

4. Ikut Mencegah Peredaran Uang Palsu

QRIS juga akan menghindarkan Anda dari peredaran uang palsu. Dengan menerapkan QRIS, masyarakat Indonesia didorong untuk lebih mengutamakan pembayaran secara digital. Ini sangat menguntungkan bagi para pebisnis agar Anda terhindar dari peredaran uang palsu. 

5. Memudahkan Pemantauan Analisa Bisnis

Dengan memakai fitur QRIS yang disediakan Faspay akan memudahkan dalam memantau serta menganalisa keuangan bisnis Anda melalui dashboard Faspay. Anda bisa memantau berbagai transaksi serta penjualan yang didapat secara realtime. Sehingga semua laporan transaksi bisnis Anda bisa terekam dengan baik. Anda tak lagi perlu bingung memikirkan tentang omset penjualan dan mencatat secara manual karena semua transaksi bisa terekam secara otomatis. 

Selain berbagai kemudahan tersebut, Anda juga bisa mendapatkankan keuntungan lain penggunaan QRIS adalah dari segi biaya yang telah distandarisasi oleh Bank Indonesia, dimana tarif pembayarannya jauh lebih murah daripada transaksi pembayaran online lainnya. 

Untuk mendapat semua keuntungan dan kemudahan ini, Anda bisa menggunakan Faspay. Karena Faspay memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis dalam melakukan proses pendaftaran serta proses integrasi yang mudah dan cepat. Faspay juga memberikan keamanan jaminan bertransaksi sesuai dengan standarisasi dari Bank Indonesia karena Faspay sendiri adalah penyelenggara QRIS yang mendapatkan izin serta pengawasan BI (Bank Indonesia). Jadi, mulai sekarang maksimalkan pembayaran bisnis Anda dengan QRIS ShopeePay! Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur QRIS ShopeePay,  hubungi tim Acquisition Faspay melalui email sales@faspay.co.id atau klik disini untuk langsung mendaftar!

Related Articles

Jangan Biarkan Flash Sale Membuat Finansial Anda Berantakan

jangan_biarkan_flashsale.jpg

Cara Mengajukan Pinjaman Modal dari Fintech untuk Kembangkan Bisnis UMKM Anda

fintech-lending.jpg

Faspay Raih Dua Penghargaan dalam Dua Hari dari SWA & B-Secure

faspay-awards-2018.jpg