Perubahan Perilaku Konsumen di Era New Normal

new normal (2)

Di masa pandemi COVID-19, tatanan kehidupan masyarakat menjadi berubah. Perubahan atau tatanan kehidupan yang baru ini disebut kenormalan baru atau new normal.

Terdapat berbagai perubahan perilaku konsumen yang perlu diketahui pelaku bisnis. Salah satunya tren stay at home economy atau pola berbelanja secara online. Lalu, apa saja perilaku konsumen di eranew normal yang perlu Anda ketahui? Berikut ulasannya.

1. Mobilitas yang terhenti

Dengan adanya pandemi, praktis akan menghentikan mobilitas masyarakat dan memaksa orang untuk berdiam diri di rumah. Masyarakat mengalami perubahan pola konsumsi yang awalnya offline menjadi online. Hal ini akan mendorong tinggi transaksi belanja online.

2. Peralihan dari keinginan menjadi kebutuhan

Pembelian online (online shopping) mulai beralih dari produk yang sifatnya keinginan ke produk yang sifatanya kebutuhan. Belanja online konsumen juga melebar dari barang-barang non-esensial ke esensial (kebutuhan sehari-hari). Selain itu, konsumen juga lebih memilih untuk membeli dalam jumlah besar.

3. Omni channel

Dengan semakin tingginya minat akan online shopping akibat pandemi, brand-brand mulai dari kecil hingga besar mulai menghadirkan platform omni channelnya sendiri baik itu website, e-commerce, atau physical channels.

Namun, yang perlu diingat ialah pelaku bisnis tidak bisa lagi hanya mengandalkan marketplace besar yang sudah ada, tetapi perlu memiliki website karena data pelanggan ialah krusial.

4. Contact-free lifestyle

Self-distancing akan melahirkan gaya hidup baru yaitu contact-free lifestyle. Seperti gaya hidup dalam berbelanja online untuk menghindari paparan virus, menerima barang dari layanan antar cukup di depan pintu tanpa kontak fisik, hingga menghindari kerumunan seperti konser musik.

5. Subscription model

Dampak dari COVID-19 ini turut memaksa konsumen membeli dan mengonsumsi secara serba online. Sebut saja belanja grocery, menikmati film/musik, membeli makanan, bekerja dan belajar, bermain games, bahkan berolahraga dan yoga pun melalui live class secara online. Tak hanya, belanja online itu dilakukan secara rutin tiap hari atau berkala tiap minggunya. Karena kebutuhannya rutin dan terus menerus, model pembelian berlangganan akan lebih cocok dan efisien.

New normal menjadi tantangan sendiri bagi pemilik usaha agar bisa bertahan di tengah perubahan perilaku masyarakat. Dibutuhkan penyesuaian bisnis untuk memenuhi kebutuhan baru masyarakat di masa new normal. Menyediakan metode pembayaran online yang lengkap bisa menjadi solusi dalam menghadapi tantangan tersebut.

Menggunakan payment gateway merupakan solusi terbaik untuk memberikan kemudahan dan keamanan pembayaran online kepada pelanggan serta dapat meningkatkan penjualan Anda.

Faspay sebagai payment gateway terbaik Indonesia siap membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Anda bisa menerima pembayaran online dari 40+ channel pembayaran dan akses ke 150+ bank di Indonesia. Segera bergabung bersama ribuan bisnis lainnya yang telah menggunakan Faspay.

Cari tahu selengkapnya mengenai Faspay disini atau daftar sekarang untuk mulai menerima pembayaran online.

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Tips Nyaman Berbelanja Flash Sale

flash_sale.jpg

Beragam Keuntungan Ini akan Anda Lewatkan jika Tidak Punya Kartu Kredit

beragam_keuntungan.jpg

Faspay Goes To Jogja: Edukasi Ekonomi Digital

Faspay-at-Rumah-Kreatif-Jogja.jpg