Bersaing dan Bertahan di Era New Normal, Pelaku Bisnis Harus Bagaimana?

new normal square

Saat ini kita tengah menghadapi new normal atau kenormalan baru di Indonesia selama masa pandemic COVID-19. Dalam hal bisnis, new normal ini menjadi salah satu cara untuk tetap beradaptasi, produktif, bersaing, dan bertahan menjalankan bisnis namun tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

1. Sadar akan perubahan sikap dan perilaku konsumen

Salah satu dampak dari pandemi COVID-19 ini adalah, Anda sebagai pelaku bisnis perlu menyadari sikap dan perilaku konsumen akan berubah. Konsumen akan mempertimbangkan kebersihan dan keamanan produk atau layanan. Konsumen juga akan cenderung berbelanja online karena lebih aman, praktis, dan tidak perlu keluar rumah.

2. Bisnis yang berbasis online

Banyak konsumen mengalihkan transaksi belanjanya ke transaksi secara online. Untuk bisa bertahan di tengah pandemi, pelaku bisnis perlu beralih ke online. Bisnis yang berbasis online ini akan menjadi keunggulan kompetitif disbanding kompetitor Anda.

3. Mengadakan online event

Di tengah pandemi, Anda tentu tidak mungkin mengadakan event dengan mengundang audiens secara langsung. Anda dapat mengadakan online event yang juga bertujuan untuk menghubungkan Anda dengan target pasar yang potensial dengan biaya rendah. Webinar yang diadakan dapat membantu Anda mendapatkan calon klien, membangun reputasi, hingga meningkatkan penjualan. Melalui online event tersebut, Anda pun dapat menarik lebih banyak audiens dengan mengiklankan online event tersebut di media sosial, memberikan penawaran menarik selama online event, hingga doorprize.

4. Semakin kreatif dalam strategi pemasaran

Sekarang ini bukan saatnya bagi Anda untuk berhenti melakukan pemasaran. Mungkin arus kas bisnis sedang terbatas, namun Anda dapat memanfaatkan strategi pemasaran dengan biaya rendah dan hasil yang tinggi seperti email marketing, social media marketing, dan content marketing. Kesempatan memasarkan produk semakin tinggi karena masyarakat banyak yang sedang di rumah dan Anda dapat mengirim pesan yang tepat pada target dan waktu yang tepat.

5. Menjalin hubungan baik dengan seluruh pemangku kepentingan

Menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan menjadi penting agar tidak ada pesan yang tidak sesuai. Perlu juga secara konsisten meminta feedback atas tindakan yang telah dilakukan perusahaan. Mencari berbagai sudut pandang penting atas perubahan yang mendadak dan tidak menentu dari perusahaan.

Berbagai tips tersebut bisa Anda langsung terapkan untuk semakin unggul walaupun di tengah krisis pandemi. Untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal, Anda perlu menyediakan kemudahan cara bayar pelanggan sehingga penjualan online melalui website maupun media sosial semakin lancar. Menggunakan payment gateway merupakan solusi terbaik untuk memberikan kemudahan dan keamanan pembayaran online kepada pelanggan serta dapat meningkatkan penjualan Anda.

Faspay sebagai payment gateway terbaik Indonesia siap membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Anda bisa menerima pembayaran online dari 40+ channel pembayaran dan akses ke 150+ bank di Indonesia. Segera bergabung bersama ribuan bisnis lainnya yang telah menggunakan Faspay.

Cari tahu selengkapnya mengenai Faspay disini atau daftar sekarang untuk mulai menerima pembayaran online.

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

​​Karakter Lawan Bicara

Generation-Gap.jpg

SWA Business Update “Fungsi & Peran Fintech dalam Industri Finansial”

Faspay-Swa-Business-Update-Bandung-2-copy.jpg

Mengawali 2019, Sudahkan Anda Membuat Rencana Keuangan?

financial-planning.jpg