Tips Sukses Berbisnis di Era New Normal

tips bisnis normal

Tatanan kehidupan normal baru atau new normal di tengah pandemi virus COVID-19 jadi topic yang cukup ramai diperbincangkan dalam sepekan terakhir. New normal ini sendiri adalah fase di mana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan dan publik diperbolehkan untuk kembali beraktivitas dengan sejumlah protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah. Ketika bisnis Anda dibuka kembali di era new normal, diperlukan persiapan yang matang sehingga dapat berhasil melewati fase new normal ini.

Berikut tips sukses berbisnis di era new normal yang telah kami rangkum:

1. Yakinkan pelanggan tentang kebersihan dan keamanan produk dan layanan Anda

Hal ini bisa diterapkan dengan menunjukkan kebersihan dan keamanan pelanggan yang dijaga dan menjadi perhatian utama, seperti mengukur suhu badan ketika memasuki toko, menyediakan hand sanitizer, pembayaran tanpa kotak, drive-through, dan lainnya. Perusahaan juga harus memberi tahu langkah-langkah kebersihan dan keamanan yang tidak terlihat pelanggan seperti fasilitas produksi yang bersih dan rantai pasokan yang aman.

2. Menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan

Pelaku usaha perlu memastikan keselamatan karyawan seperti melalui tes kesehatan karyawan dan memperbanyak berkerja di rumah. Perusahaan juga perlu memastikan karyawan tetap termotivasi untuk bekerja dan mencari cara untuk memotivasi karyawan secara efektif.

3. Bangkitkan kembali permintaan pasar

Salah satu dampak besar dari pandemi ini ialah hilangnya permintaan. Perusahaan perlu terhubung kembali dengan pelanggan Anda dan meningkatkan permintaan. McKinsey merekomendasikan perusahaan untuk beradaptasi menggunakan harga yang taktis, bantu klien dengan sistem pembayaran yang lengkap, dan memastikan strategi pemasaran melalui digital.

4. Operasional dan rantai pasokan fleksibel

Operasional harus cocok dengan permintaan pasar dan ketersediaan bahan baku. Untuk beradaptasi dengan ketidakpastian selama pandemi, operasional dan rantai pasokan harus lebih fleksibel dan dievaluasi program produksinya secara berkala.

5. Jalankan bisnis dengan lebih hati-hati

Dalam situasi new normal nantinya, perusahaan atau bisnis perlu meningkatkan kecepatan dalam mengambil keputusan saat menghadapi masalah skala besar dan kompleks.Perusahaan juga perlu memastikan mereka menggunakan modal secara bijak sehingga arus kas cukup untuk memastikan ketahanan bisnis.

Dalam era new normal nanti, perusahaan mulai menghadapi perubahan sehingga harus selalu ada perencanaan untuk masa depan. Manfaatkanlah teknologi untuk membuat operasional bisnis ada semakin efisien dan memberikan kemudahan cara bayar pelanggan Anda. Solusi terbaik untuk kemudahan pembayaran online pelanggan ialah menggunakan sistem pembayaran online atau payment gateway untuk membuat proses pembayaran online pelanggan Anda lebih mudah, aman, dan nyaman.

Faspay sebagai payment gateway terbaik Indonesia siap membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Anda bisa menerima pembayaran online dari 40+ channel pembayaran dan akses ke 150+ bank di Indonesia. Segera bergabung bersama ribuan bisnis lainnya yang telah menggunakan Faspay.

Cari tahu selengkapnya mengenai Faspay disini atau daftar sekarang untuk mulai menerima pembayaran online.

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Jakarta International Logistic Summit & Expo (JILSE) 2016

Faspay_eddy-tju_JILSE.jpg

Bagaimana Startup Menjaga Agar Cashflow Tetap Positif?

Bagaimana Startup Menjaga Agar Cashflow Tetap Positif

Bagaimana Generasi Z dalam Berbelanja?

Bagaimana-Generasi-Z-dalam-Berbelanja.jpg