Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan di Tahun 2020

ide bisnis

Di era digital ini, ada banyak ide bisnis online yang bisa Anda lakukan. Untuk dapat menjalankan bisnis perlu perencanaan yang tepat. Anda perlu menentukan jenis bisnis apa yang akan dijalankan, mempertimbangkan bagaimana peluang bisnis tersebut, dan mengevaluasi kemampuan Anda untuk menjalankannya.

Nah, bagi Anda yang masih bingung dalam memulai bisnis online, kami akan membagikan ide-ide bisnis online yang paling menjanjikan keuntungan yang baik di tahun 2020 ini. Yuk simak penjelasan selengkapnnya di bawah ini:

1. Jasa desain grafis

Perusahaan atau sebuah bisnis akan selalu mencari desainer grafis untuk keperluan marketing, promosi, hingga branding. Desainer grafis dibutuhkan mulai dari keperluan desain marketing collaterals seperti banner, poster, logo hingga mock-up desain merchandise perusahaan, peluang di bidang ini tentu sangat besar. Anda dapat mengarahkan jasa Anda pada pebisnis kecil atau individu untuk memulai. Anda juga bisa memulai dengan bergabung di situs freelancer seperti freelancer, sribulancer, dll.

Bagi Anda yang masih awam dengan desain grafis, Anda juga bisa belajar dasar desain grafis dengan mudah dengan berbagai platform kursus online yang ada.

2. Jasa design dan pembuatan website

Ada lebih dari 4 milyar pengguna internet di dunia. Dan untuk memenuhi populasi online yang banyak ini, 6 hingga 10 bisnis kecil memiliki website. Oleh karena itu keahlian membuat website menjadi menjanjikan. Anda bisa memulai membangun website ke teman atau keluarga terlebih dahulu untuk memoles keterampilan Anda. Anda dapat memulai karir Anda dengan menawarkan harga yang kompetitif sambil memperkuat porfolio Anda. Terdapat pula beberapa kursus online gratis seperti Treehouse, Udemy, dan lainnya untuk membantu Anda belajar coding dan pengembangan website.

3. Membuat channel youtube

Beberapa youtuber menghasilkan puluhan juta rupiah dari unggahan video seperti vlog, makanan, ulasan, perjalanan, musik, keterampilan, dan lainnya. Pilihlah topik yang Anda minati dan pahami untuk menghasilkan video yang unik dan menarik. Semakin konten Anda menghibur atau mengedukasi maka viewers dan subscribers Anda akan semakin meningkat. Sebelum memulai membuat channel youtube, pelajari dulu ketentuan YouTube dan investasikan pada kamera serta mikrofon yang bagus.

4. Toko online

Membangun toko online artinya Anda membuat sebuah website atau platform sebagai sarana transaksi pembelian produk secara online. Namun, tidak hanya website tetapi bisa juga memasarkan produk melalui platform media sosial dan tetap menerima pembayaran online. Anda bisa memanfaatkan payment link untuk melancarkan berjualan di media sosial, tanpa website. Jenis produk  yang bisa Anda jual juga beragam. Anda bisa mencoba berbisnis kategori produk yang sedang naik daun seperti, makanan dan minuman, kesehatan, produk kebutuhan sehari-hari, dan lain-lain.

5. Online courses

Ide bisnis menguntungkan selanjutnya yang bisa Anda mulai ialah platform pembelajaran online. Meskipun ada banyak portal pendidikan yang ada, namun tidak berarti Anda tidak dapat memulai bisnis ini. Portal online masih terus berkembang dan merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Bila Anda memiliki kemampuan yang mungkin akan membuat orang lain tertarik untuk mempelajarinya, maka Anda dapat segera memulai bisnis ini. Yang Anda perlukan untuk memulai ialah website/blog, kamera, kemampuan dasar mengedit dan software untuk menangkap layar.

6. Freelance digital marketing

Pemasaran bisnis mayoritas telah bertransformasi menjadi digital. Hal ini menjadi tugas digital marketer untuk menghasilkan kampanye digital marketing dengan hasil terbaik.  Untuk dapat memulai karir, Anda bisa mempelajarinya secara bebas di sumber online dan bereksperimen sendiri. Setelah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan, cobalah untuk mempromosikan jasa Anda tersebut.

7. Bisnis online menjual e-book

Di era digital ini, terdapat permintaan tinggi pada e-book atau buku elektronik. Jika Anda berkemampuan menulis dengan baik, maka Anda dapat menerbitkan e-book. Keuntungan utama penerbitan e-book dibanding buku biasa ialah biaya penerbitan yang minim dan tidak ada biaya pengiriman.

8. Menjadi social media influencer

Influencer ialah orang-orang yang mempunyai cukup banyak followers di media sosial dan memiliki pengaruh yang kuat pada followersnya. Contoh influencer ini seperti blogger, youtuber, dan selebgram.

Bagi Anda yang ingin membangun followers, Anda bisa mulai menghasilkan konten yang berkualitas dan pendistribusian konten yang tepat. Jika followers Anda sudah cukup banyak, Anda bisa mencari job secara langsung melalui marketplace untuk influencer seperti sociabuzz, sociago, iconreel, dan lain-lain.

Itu dia 8 ide bisnis paling menjanjikan di tahun 2020. Ragam pilihan bisnis tersebut bisa jadi bahan pertimbangan Anda dalam memulai bisnis. Kuncinya ialah Anda perlu menentukan bisnis yang sesuai kemampuan dan minat Anda serta memiliki prospek bisnis yang menguntungkan. Jika Anda ingin memulai bisnis online dan menginginkan sistem pembayaran yang mudah, aman, dan nyaman, Anda bisa cari tahu lebih lanjut disini.

 

 

 

 

 

Related Articles

5 Email Otomatis yang Wajib Anda Kirimkan kepada Customer

man-reads-email.jpg

Buka Puasa Bersama dan Faspay Update bersama Media

Buka Puasa Bersama dan Faspay Update bersama Media

Brand Engangement: Tap Into Your Customer’s Behaviours

Faspay_brand-engagement.jpg