Cara Cepat Transformasi Bisnis dari Offline ke Online

cara cepat

Semakin banyak juga perusahaan yang sadar akan pentingnya transformasi digital di tengah situasi pandemic COVID-19 ini. Tujuan dari transformasi digital ini ialah menggunakan teknologi untuk memecahkan masalah konvensional dan berarti mengintegrasikan teknologi ke dalam setiap bidang bisnis. Ketika dilakukan dengan benar, transformasi digital memungkinkan perusahaan untuk memberikan nilai lebih ke pelanggan. Simak cara cepat menuju transformasi digital berikut ini:

  1. Fokus pada pelanggan. Sebelum transformasi digital dapat benar-benar dimulai, perusahaan harus mengubah pola pikirnya dari berfokus pada produk menjadi berfokus pada pelanggan. Fokus pada pelanggan juga dasar untuk semua keputusan transformasi digital lainnya.
  2. Struktur organisasi. Perusahaan perlu menciptakan internal yang solid dan perlu meninggalkan birokrasi yang rumit. Dalam transformasi digital berarti juga melibatkan eksekutif dan pemimpin menuju visi digital baru.
  3. Perubahan. Sebaiknya perusahaan menerima perubahan dan perubahan tersebut didukung pula oleh seluruh karyawan. Perubahan yang paling efektif ialah yang mengikuti dinamika pergerakan bisnis.
  4. Kepemimpinan transformasional. Transformasi digital yang sukses dimulai dari atas dengan para pemimpin yang mendorong karyawan menuju visi digital. Seluruh pemimpin harus mendukung perubahan digital itu dan bersama-sama menuju tujuan jangka panjang perusahaan.
  5. Keputusan menyangkut teknologi. Transformasi digital memengaruhi seluruh organisasi, bukan hanya satu departemen. Keputusan teknologi perlu ada masukan dari seluruh tim yang tergabung di perusahaan.
  6. Integrasi. Semua sistem data perlu terintegrasi dengan baik dengan proses internal perusahaan. Diperlukan strategi data yang efisien untuk transformasi digital yang sukses.
  7. Internal perusahaan. Ketika berfokus pada solusi digital untuk pelanggan, perusahaan juga perlu mempertimbangkan pelanggan internal mereka — karyawan. Mendapatkan umpan balik dari karyawan dan memberikan solusi teknologi mumpuni membuat karyawan untuk memberikan pengalaman yang luar biasa.
  8. Logistik dan rantai pasokan. Transformasi digital dapat menjadi kuat dalam meningkatkan kecepatan dan keandalan rantai pasokan, dari seberapa cepat produk diproduksi hingga kecepatan dan efisiensi pemenuhan pesanan dan pengiriman. Untuk sepenuhnya meningkatkan transformasi, perusahaan perlu melihat bagaimana rantai pasokan dapat didigitalkan dan ditingkatkan.
  9. Keamanan data, privasi, dan etika. Mengadopsi solusi digital baru membuka pintu ke pertanyaan baru tentang keamanan data. Untuk itu, standar privasi dan keamanan perusahaan harus menjadi yang utama.
  10. Evolusi produk, layanan, dan proses. Transformasi digital membutuhkan perubahan dalam berpikir tentang bagaimana suatu organisasi memberikan produk dan layanannya. Perusahaan yang berhasil ialah yang selalu berusaha menemukan solusi paling efisien dan inovatif.
  11. Digitalisasi. Transformasi digital menyentuh semua area organisasi dan mengaburkan batas antara toko digital dan fisik. Itu berarti mendigitalisasi setiap aspek bisnis.
  12. Personalisasi. Transformasi digital menyediakan peluang tak tertandingi untuk menawarkan layanan yang dipersonalisasi kepada pelanggan. Manfaatkan solusi digital untuk memahami pelanggan dan memberikan rekomendasi serta pengalaman yang unik bagi mereka.

Transformasi digital ialah suatu proses berkelanjutan dan dipastikan seluruh elemen perusahaan telah siap menghadapinya. Salah satu aspek penting untuk memulai transformasi digital ialah menyediakan metode pembayaran online kepada pelanggan. Dengan pembayaran online yang lengkap, tingkat penjualan akan semakin meningkat dan akan meningkatkan loyalitas serta minat beli pelanggan.

Faspay sebagai payment gateway terbaik Indonesia siap membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Anda bisa menerima pembayaran online dari 40+ channel pembayaran dan akses ke 150+ bank di Indonesia. Segera bergabung bersama ribuan bisnis lainnya yang telah menggunakan Faspay.

Cari tahu selengkapnya mengenai Faspay disini atau daftar sekarang untuk mulai menerima pembayaran online!

 

 

 

 

 

Related Articles

Tips Cerdas Mengelola THR

Tips Cerdas Mengelola THR

Simak Tren eCommerce 2018

tren_ecommerce.jpg

Rencanakan Liburan Hemat agar Cicilan Tak Membengkak

rencana-liburan-1.jpg