Tips Agar Bisnis Tetap Jalan Ditengah Wabah Virus Corona

tips bisnis

Dunia sedang dihebohkan oleh wabah virus corona. Wabah ini dimulai pada Desember 2019 di kota Wuhan, China. Para pelaku bisnis juga turut terkena dampak dari wabah virus corona yang juga sedang melanda tanah air ini. Banyak orang memilih untuk tidak keluar rumah yang mengakibatkan pemasukan bisnis menurun. Untuk itu, bisnis perlu mengetahui tindakan apa yang harus diambil agar mempertahankan bisnis dan membuat bisnis tetap jalan di tengah wabah bisnis corona.

Berikut adalah beberapa tips agar bisnis tetap berjalan dengan baik dan dapat mengelola dengan baik resiko wabah virus corona:

1. Pahami rantai pasokan Anda dan cari alternatif

Banyak bisnis bergantung pada pasokan dari luar negeri. Jika bisnis Anda bergantung pada produk atau layanan dari area yang terkena wabah Virus Corona, maka lebih baik carilah alternatif pasokan di area yang tidak terkena dampak.

2. Tetap mengawasi arus kas

Pelaku bisnis sebaiknya tetap meninjau dan mengawasi bagaimana penurunan penjualan akan berdampak pada kemampuan Anda membayar pemasok, mengelola hutang, dan lain-lain. Pastikan Anda tetap berada di jalur dengan tingkat profitabilitas, tingkat stok, dan saldo setiap harinya.

3. Berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan

Komunikasi yang tepat dan jujur dengan seluruh pemangku kepentingan ialah penting. Pemangku kepentingan ini seperti pelanggan, pemasok, hingga mitra strategis. Pemangku kepentingan tersebut perlu mengetahui sedang ada masalah apa dan rencana darurat apa yang bisnis Anda miliki.

4. Terima pembayaran secara online

Di tengah wabah virus Corona, Anda tetap dapat menerima pembelian dari pelanggan secara online. Untuk dapat menerima pembayaran secara online melalui website maupun aplikasi bisnis, Anda dapat menggunakan payment gateway atau gerbang pembayaran online. Melalui payment gateway, Anda bisa menawarkan berbagai metode pembayaran dan pasar Anda pun akan semakin luas.

Langkah-langkah konkrit di atas bisa Anda terapkan untuk mengatasi dampak virus Corona ini. Salah satu langkah pentingnya ialah menerima pembayaran secara online. Sebagai payment gateway, Faspay menyediakan sistem pembayaran online dengan channel pembayaran lengkap yang akan mentransformasi bisnis Anda secara digital.

Faspay merupakan penyedia Layanan Sistem Pembayaran Online yang dapat memdapat memproses berbagai macam metode pembayaran online seperti kartu kredit, internet banking, virtual account, mobile banking, e-money, retail payment hingga kredit online.

Faspay juga dilengkapi dengan fitur Fraud Detection System dan sertifikasi PCI-DSS Level 1 untuk keamanan transaksi, adanya dasbor Faspay yang terbaharui secara real-time, dan perpindahan dana atau settlement ke merchant tercepat.

Dengan seluruh fitur tersebut, pelanggan Anda pun dapat melakukan pembayaran dimana saja dan kapan saja. Coba Faspay sekarang untuk mengetahui bagaimana Faspay dapat membantu mengembangkan bisnis Anda! Daftar menjadi merchant atau hubungi sales@faspay.co.id untuk informasi lebih lanjut.

 

 

 

Related Articles

Faspay Brunch “Online Start Up & Success Path”

68045cbc-4daa-4909-a035-2554f84b288b.jpg

​Faspay on DailySocial’s #SelasaStartUp: Online Payment Behavior

Selasa-Start-Up-Frecy-Faspay.jpg

3 Fitur Gamification dalam E-Commerce

pexels-photo-682933.jpg