Langkah Melakukan Ekspansi Bisnis untuk Memperkuat Fondasi Bisnis

ekspansi bisnis 2

Ekspansi bisnis merupakan sesuatu yang relatif berat untuk dilakukan karena membutuhkan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Pelaku bisnis juga pasti telah mengetahui bahwa bisnis yang ekspansif akan mengembangkan bisnis dalam segi apapun.

Simak 3 tahapan atau langkah untuk melakukan ekspansi bisnis sehingga fondasi bisnis akan semakin kuat:

  1. Membuat perencanaan dengan matang

Perencanaan yang matang mutlak untuk dilakukan sebelum melakukan ekspansi bisnis. Perlu menyusun perencanaan untuk melakukan hal-hal seperti meningkatkan inventaris produk, menambah gudang baru, membuat variasi produk, membuat toko fisik atau toko online untuk memperluas pasar, hingga menambah jumlah karyawan.

  1. Menentukan model bisnis

Saat melakukan ekspansi, model bisnis tidak akan sama seperti sebelumnya. Pentingnya menentukan model bisnis akan membantu dalam menentukan standar atau metode yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan operasional bisnis. Selain itu, apabila Anda menentukan target pasar dan produk baru maka harus ditentukan pula bagaimana mencakup target pasar dan melakukan penjualan ke pasar tersebut.

  1. Menyiapkan modal yang dibutuhkan

Sebelum melakukan proses ekspansi, modal usaha tentu dibutuhkan. Misalnya untuk membangun toko fisik, menyewa atau membangun gudang baru, menggaji karyawan, dan lain sebagainya. Anda mungkin membutuhkan modal kerja yang cukup untuk bertahan dalam waktu 6 hingga 12 bulan, tergantung pada bisnisnya.

Dengan mengetahui dan memahami bagaimana melakukan ekspansi bisnis, Anda tidak perlu ragu lagi melakukan ekspansi bisnis. Segera persiapkan perencanaan yang matang agar ekspansi bisnis berjalan dengan sukses dan lancar. Salah satu hal yang menjadi penunjang ekspansi bisnis ialah dengan menyediakan sistem pembayaran online dengan channel pembayaran yang lengkap seperti yang disediakan oleh Faspay.

Faspay merupakan penyedia Layanan Sistem Pembayaran Online yang dapat memdapat memproses berbagai macam metode pembayaran online seperti kartu kredit, internet banking, virtual account, mobile banking, e-money, retail payment hingga kredit online. Channel pembayaran yang lengkap dapat mengakomodasi kebutuhan pembayaran pelanggan yang beragam dan Anda pun akan semakin cepat menerima pembayaran dari pelanggan.

Faspay juga dilengkapi dengan fitur Fraud Detection System dan sertifikasi PCI-DSS Level 1 untuk keamanan transaksi, adanya dasbor Faspay yang terbaharui secara real-time, dan perpindahan dana atau settlement ke merchant tercepat. Coba Faspay sekarang untuk mengetahui bagaimana Faspay dapat membantu mengembangkan bisnis Anda! Daftar menjadi merchant atau hubungi sales@faspay.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Related Articles

Special Offer: FREE GIFT From Alfamart & Faspay

Faspay_Alfamart_GRATISMILO_Square.jpg

New Year Financial Planning

financial-plan.jpg

Fraud No More, Mungkinkah?

faspay_secure.jpg