5 Prediksi Tren Teknologi Pembayaran yang Akan Membentuk 2020

tren pembayaran 2020

Dalam dunia pembayaran, teknologi berkembang pesat sehingga penting untuk mengetahui tren yang akan ada di dunia pembayaran agar dapat dijadikan wawasan untuk menerapkan strategi pembayaran yang akan digunakan.

Teknologi pembayaran membuat pembayaran bisa dilakukan dimana-dimana oleh konsumen, tanpa terbatas oleh jarak dan waktu serta pengalaman konsumen lebih mulus. Berikut adalah beberapa tren pembayaran terbesar yang harus diperhatikan pada tahun 2020.

1. Pengalaman pembayaran pelanggan akan menjadi lebih seamless

Pengalaman penlanggan telah menjadi topik utama dalam dunia pembayaran. Pengalaman itu akan mencapai tahap baru yaitu pembayaran yang tak terlihat dan tanpa gesek. Kedepannya, akan semakin banyak cara pembayaran dimana informasi pelanggan telah tersimpan di sistem pembayaran dan tagihan bersifat otomatis. Pembayaran seluler juga akan menjadi tren pembayaran utama pada tahun 2020 karena API memungkinkan pengalaman pembayaran lewat seluler yang terpusat.

2. Semakin banyak bisnis akan mencari cara untuk menyederhanakan cara pembayaran mereka

Banyak bisnis sekarang ini berjuang untuk meningkatkan proses pembayaran ke konsumen namun malah harus menghadapi banyak masalah seperti mengelola akun, integrasi, data pembayaran dan lainnya. Penyederhanaan atau simplification adalah tren pembayaran yang akan berkembang pesat. Solusi pembayaran lengkap atau all-in-one yang menyediakan ragam layanan yang luas dan fleksibel untuk apa saja yang ingin ditawarkan oleh pebisnis, dengan komplikasi teknologi yang jauh lebih sedikit.

3. Invoice akan beralih ke digital

Digitalisasi hal-hal seperti faktur dan yang menyangkut piutang dagang akan menjadi salah satu tren pembayaran di tahun 2020. Pelaku bisnis akan berupaya menyederhanakan cara mereka menagih pelanggan dan mendapatkan pembayaran lebih cepat sambil mengurangi biaya.

Sistem invoice digital ini disediakan Faspay Billing dimana akan membantu pelaku bisnis mengirimkan tagihan online melalui email sekaligus menerima pembayaran secara online dari berbagai pilihan channel pembayaran. Pelaku bisnis juga tidak perlu repot melakukan integrasi apapun untuk menggunakan layanan Faspay Billing ini.

4. Cross-border e-commerce akan terus tumbuh

Sektor global e-commerce akan terus meningkat di tahun 2020 nanti. E-commerce global diproyeksikan akan melebihi pertumbuhan ritel pada 2036. Mayoritas bisnis yang masih tidak menjual secara lintas batas tentu akan kehilangan peluang besar.

5. Fraud detection system akan semakin cerdas

Menyeimbangkan pengalaman pelanggan dengan keamanan data merupakan tantangan yang berkelanjutan di industri keuangan, dan inovasi dalam penipuan pencegahan adalah tren pembayaran utama yang akan berlanjut di tahun 2020. Pada tahun 2020, AI akan menjadi penting untuk membantu menyetujui transaksi yang baik dan menolak yang berpotensi menipu.

Penting bagi Anda untuk mengevaluasi solusi pembayaran yang sedang digunakan saat ini dan mengadopsi tren pembayaran dan wawasan di dunia pembayaran yang telah dijabarkan di atas yang sesuai dengan bisnis Anda. Penting juga untuk memberikan solusi terkini kepada konsumen Anda dan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda mengutamakan fungsionalitas, kenyamanan, dan keamanan sistem pembayaran.

Related Articles

Final Audit PCI DSS FASPAY

Final-Annual-Audit-PCI-DSS-Faspay-April-2018.jpg

4 Inovasi dan Tren Fintech di Indonesia untuk Mempermudah Payment Online

inovasi_tren_fintech.jpg

Roundtable Session Tech in Asia Jakarta 2018 bersama Eddy Tju

tia-2019-eddy-tju-faspay.jpg