5 Tips Jitu Berjualan di Instagram Agar Cepat Laris

5 tips jitu

Beberapa tahun belakangan, Instagram menjadi salah satu platform media sosial yang mengalami pertumbuhan sangat pesat. Kini, Instagram bukan hanya digunakan sebagai akun perseorangan tetapi juga salah satu platform bisnis yang sangat menjanjikan. Hampir setiap brand bisnis yang ada di Indonesia memiliki akun Instagram yang dikelola secara profesional. Dengan menggunakan Instagram, Anda bisa meningkatkan brand image sekaligus penjualan bagi bisnis Anda.

Lantas, bagaimana bisnis Anda di Instagram saat ini? Apakah sudah cukup laris atau malah sepi konsumen? Jika bisnis Anda dirasa masih sepi, mungkin ada beberapa hal yang kurang Anda pahami dalam mengelola akun Instagram tersebut. Berikut 5 tips jitu agar bisnis Anda bisa cepat laris dengan menggunakan Instagram.

1. Cantumkan profil usaha yang detail

Tulis secara singkat dan informatif mengenai bisnis Anda di bio Instagram. Cantumkan tagline brand, jenis bisnis yang dijalani, nomor contact person, dan juga alamat. Lengkapi dengan alamat website, atau email supaya mempermudah konsumen untuk menghubungi Anda jika ingin bertanya lebih lanjut tentang produk atau layanan yang disediakan. Gunakan logo brand atau bisnis sebagai profile picture. Anda juga bisa mengubah jenis Instagram Anda menjadi Instagram bisnis agar penjualan lebih maksimal.

2. Isi Instagram dengan konten yang menarik

Sebelum mengunggah konten foto atau video, Ada baiknya perhatikan kualitas visualnya lebih dulu. Pilih foto-foto yang eye catching sehingga membuat konsumen tertarik untuk mengikuti Instagram bisnis Anda. Selain pemilihan foto, Anda juga bisa mengisi akun Instagram dengan konten yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalani. Misal Anda tengah menjalankan bisnis perhotelan, maka sesekali isi feed Anda dengan tips dan trik menarik seputar dunia perhotelan. Bisa berupa informasi agar bisnis hotel berjalan dengan sukses, atau tips bisnis seputar perhotelan.

3. Rajin berinteraksi dengan followers

Rajin berinteraksi dengan followers adalah kunci agar Instagram Anda selalu hidup dan memiliki tingkat engagement yang tinggi. Semakin tinggi tingkat engagement maka semakin baik pula kualitas dari bisnis Anda. Salah satu cara berinteraksi dengan followers adalah dengan rajin membalas komentar, atau direct message (DM) yang masuk ke Instagram Anda. Jangan ragu untuk memberikan penjelasan secara detail mengenai produk atau bisnis Anda jika konsumen bertanya di kolom komentar atau DM.

4. Rutin memposting

Anda harus memposting foto atau video sebagai konten Instagram dengan intensitas yang konsisten. Maksudnya, tentukan intensitas waktu posting Anda dalam satu hari. Secara ideal, Instagram untuk sebuah bisnis dianjurkan untuk memposting kontennya sebanyak dua kali dalam satu hari. Waktu yang Anda pilih untuk memposting juga harus diperhatikan, jangan sampai memposting banyak konten sekaligus karena dapat mengganggu timeline followers Anda. Sebaiknya postinglah konten di jam-jam yang berjauhan. Bisa saat pagi dan sore, atau siang dan malam.

5. Pilih fitur payment link untuk mempermudah konsumen bertransaksi

Instagram memang menjadi salah satu media promosi online yang sangat efektif. Namun, apabila bisnis Anda belum memiliki website atau pilihan metode pembayaran yang masih terbatas, tentu berjualan melalui media sosial seperti Instagram akan menjadi kendala. Padahal kemudahan dalam bertransaksi juga menjadi pertimbangan utama bagi konsumen untuk membeli suatu produk.

Karenanya, kamu bisa menggunakan layanan Faspay Billing sebagai solusinya. Faspay Billing membantu Anda untuk mengirimkan tagihan online dalam bentuk email invoicing dan membantu Anda menerima pembayaran secara online dari berbagai pilihan channel pembayaran, walaupun Anda belum memiliki website. Tidak hanya email invoicing, Anda juga bisa dengan mudah menerima pembayaran dengan membagikan payment link atau link pembayaran yang dapat dibagikan ke platform media sosial apa saja.

Adanya fitur payment link ini bukan hanya akan membuat pengalaman transaksi konsumen menjadi lebih cepat dan praktis, tetapi juga sekaligus memberikan kemudahan pada Anda sebagai pelaku bisnis. Apalagi Faspay termasuk payment gateway aman karena mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencoba mencoba fitur payment link di Faspay Billing, daftar di sini sekarang atau hubungi hello@faspay.co.id!

Related Articles

​DIGITAL IN EVERY WAY: PR 3.0

3.0_faspay_publicrelations.jpg

Bagaimana Menulis Abandoned Cart Email Marketing yang Menarik?

email_phone.jpg

Faspay at “Fintech Talk January 2019” by Asosiasi Fintech Indonesia

Faspay-at-Fintech-Talk-by-AFTECH-January-2019.jpg