Ketahui Standar Keamanan Transaksi Online dan Manfaatnya

Ketahui Standar Keamanan Transaksi Online dan Manfaatnya

Di era digital sekarang ini dengan peningkatan drastis pada transaksi non tunai, keamanan transaksi online merupakan suatu keharusan. Berbicara soal keamanan, terdapat beberapa standar yang dapat menjamin sebuah transaksi online dinyatakan aman. Seperti apa standar keamanan tersebut dan apa saja manfaat yang bisa didapat?

Standar Keamanan Transaksi Online

Terdapat dua standar yang wajib untuk dipatuhi oleh payment gateway yang menyediakan opsi transaksi online:

Memiliki Sertifikasi PCI-DSS Level 1

Standar pertama dari keamanan transaksi online adalah kepemilikan sertifikasi PCI-DSS level 1. PCI-DSS sendiri merupakan akronim dari Payment Card Industry Data Security Standard atau standar internasional dalam audit transaksi online. Standar ini jugalah yang diterapkan untuk penggunaan kartu kredit berlogo Visa dan Mastercard.

Terdapat Fraud Detection System

Fraud Detection System (FDS) atau Sistem Pendeteksi Penipuan adalah sistem keamanan yang bertindak sebagai penyaring dini dalam transaksi pembayaran online menggunakan kartu kredit maupun debit. FDS dapat menganalisa sebuah transaksi online dengan cepat apakah proses sebaiknya dilanjutkan atau digagalkan melalui parameter tinggi rendahnya risiko transaksi.

Tujuan dan Manfaat Keamanan Transaksi Online

Tentu saja fokus utama dari adanya pengamanan untuk transaksi online adalah memberi jaminan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi non tunai. 

Selanjutnya, bila membahas tentang manfaat dari keamanan transaksi non tunai sendiri sangatlah banyak:

Data Pribadi Konsumen Aman

Ketika transaksi online mulai diperkenalkan, salah satu hal yang menjadi perhatian dari calon pengguna adalah jaminan keamanan data pribadi. Transaksi onlne dinyatakan aman melalui penerapan standar PCI-DSS level 1 dan FDS, maka konsumen dapat bernapas lega sebab data-data pribadi tersebut telah terjamin keamanannya.

Aktivitas Pembayaran Tunai Menurun, Non Tunai Meningkat

Bila penggunaan uang tunai sebagai alat pembayaran dapat ditekan, maka produksinya yang membebankan anggaran tinggi pada negara juga dapat ditekan. Transaksi non tunai yang dijamin aman, otomatis masyarakat akan beralih pada metode tersebut dan mampu meningkatkan literasi keuangan.

Kemudahan Berbelanja Tanpa Terbatas Jarak

Semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat bahwa transaksi online itu aman otomatis juga berimbas pada jumlah pembelanjaan online. Manfaat ini tentu sangat dirasakan bagi konsumen di mana mereka tidak perlu lagi kebingungan ketika menginginkan sebuah item dari luar daerah atau bahkan luar negeri. Terlebih dengan semakin menjamurnya marketplace lokal maupun internasional.

Dalam hal standar keamanan, Faspay tentu menjadikan keamanan prioritas utama dengan didukung oleh sertifikasi keamanan PCI-DSS Level 1 dan Fraud Detection System yang akan menjamin keamanan transaksi online konsumen. 

Faspay merupakan payment gateway yang menyediakan opsi pembayaran lengkap mulai dari kartu kredit, internet banking, virtual account, mobile banking, e-money, retail payment hingga kredit online. Faspay juga telah bekerja sama dengan 23 partner strategis seperti  berbagai bank, telco, perusahaan fintech, toko retail, dan lainnya untuk mempermudah konsumen perihal pembayaran transaksi online tersebut.

Related Articles

Antisipasi Penurunaan Omzet Bisnis Usai Lebaran

Antisipasi Penurunaan Omzet Bisnis Usai Lebaran

Kesehatan Dalam Satu Klik

Kesehatan-dalam-satu-klik.jpg

​Partisipasi Faspay dalam Hybrid Marketing for Indonesia E-Commerce  

fc1b9048-bf28-40aa-8147-520b5d8e2daa.jpg