Pentingnya Peran Payment Gateway untuk Pengembangan Bisnis Anda

peran payment gateway

Apa saja peran payment gateway atau gerbang pembayaran untuk pengembangan bisnis hingga menjadi aspek wajib dalam sebuah usaha? Terutama bila usaha tersebut berbasis online.

Berikut ini adalah beberapa peran penting payment gateway yang akan membuat bisnis Anda melesat di era digital.

1.       Mengamankan Proses Transaksi Non Tunai

Dalam sebuah transaksi cashless, payment gateway berperan sebagai penentu akhir proses pembayaran apakah harus diselesaikan atau dibatalkan. Gerbang pembayaran akan menganalisa tingkat risiko setiap transaksi. Bila berisiko tinggi, maka sistem keamanan payment gateway dapat mendeteksinya dan menghindarkan pemilik usaha dari kerugian.

2.       Memperluas Jangkauan Konsumen

Kehadiran payment gateway memiliki daya tarik tinggi terhadap konsumen toko online. Jaminan keamanan dan kemudahan transaksi membuat mereka lebih yakin dalam melakukan transaksi. Terlebih lagi apabila Anda memilih menggunakan gerbang pembayaran yang menyediakan aneka opsi pembayaran non tunai yang lengkap. Poin tersebut akan meningkatkan konsumen secara drastis.

3.       Perhitungan Total Biaya Lebih Akurat dan Efisien

Peran ketiga dari gerbang pembayaran adalah menghitung total biaya dari pembelanjaan konsumen secara lebih akurat serta cepat. Tidak hanya harga item, tetapi juga ongkos kirim dan pajak (bila produk terdaftar sebagai item kena pajak). Hal ini dapat menghindari kekecewaan konsumen bila perhitungan meleset oleh sistem non payment gateway.

4.       Mempercepat Proses Transaksi

Peran payment gateway untuk pengembangan bisnis yang terakhir adalah untuk mempercepat transaksi. Telah terbukti bahwa proses pembayaran transaksi yang didukung oleh gerbang pembayaran memakan waktu yang lebih singkat. Keunggulan ini tentu dapat meningkatkan performa bisnis tersebut di mata konsumen di mana mampu membuat mereka loyal dan menarik peminat lain.

Kriteria Payment Gateway yang Baik untuk Pengembangan Bisnis

Mempertimbangkan pentingnya peranan payment gateway dalam kemajuan usaha yang dimiliki membuat Anda wajib menentukan kriteria dalam memilihnya. Seperti apa klasifikasi gerbang pembayaran terbaik yang dapat membantu bisnis berkembang secara signifikan?

  • Payment gateway yang baik menyediakan opsi pembayaran non tunai yang lengkap.
  • Payment gateway tersebut memiliki lisensi resmi dari Bank Indonesia.
  • Payment gateway tersebut didukung oleh sistem keamanan mutakhir dan
  • Gerbang pembayaran menawarkan kemitraan dengan tarif terjangkau namun pelayanan maksimal.

Sebagai payment gateway pertama yang berizin resmi Bank Indonesia, Faspay hadir sebagai solusi pembayaran online dengan dukungan sistem keamanan terkini yaitu sistem Fraud Detection System serta kepemilikan sertifikasi PCI-DSS Level 1. Faspay juga menjalin kerja sama dengan berbagai mitra strategis mulai dari Bank, Telco, hingga perusahaan Fintech terbaik di Indonesia sehingga dapat menawarkan banyak opsi pembayaran untuk pelanggan.

Faspay memberikan kelancaran bisnis dan kemudahan transaksi bisnis dengan settlement tercepat dan keseluruhan sistem yang dapat diandalkan. Bukti posisi Faspay sebagai payment gateway Indonesia terbaik juga dibuktikan dengan raihan penghargaan sebagai “2019 Indonesia Payment Gateway Company of The Year” dari Frost & Sullivan. Seluruh solusi yang dihadirkan Faspay tentunya akan memajukan bisnis Anda secara efisien dan signifikan.

 

 

Related Articles

Tips Membatasi Pemakaian e-Money

Cashless-Wallet.jpg

​Mencuri Hati Calon Investor  

money-matters-1173120.jpg

6 Manfaat Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Bagi Bisnis Online

WhatsApp Image 2020-10-08 at 10.59.00 AM (1)