Apa itu GPN? Simak 5 Keuntungan Menggunakan GPN

keuntungan gpn

Apa itu GPN? Mungkin Anda sudah sering mendengar kata GPN namun belum mengetahui apa itu GPN dan keuntungan bertransaksi menggunakan kartu debit GPN. GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah suatu sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank menjadi tersentralisasi di GPN.

Melalui GPN, masyarakat dapat bertransaksi dari bank manapun dengan menggunakan instrument dan kanal pembayaran apapun. Hal ini berarti pemilik kartu debit GPN bisa melakukan transaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM), perangkat electronic data capture (EDC) dari bank lain, hingga online sekalipun.  Untuk ketersediaan bertransaksi online dengan kartu debit GPN, dalam waktu dekat Faspay akan menghadirkan B-secure sebagai channel pembayaran Faspay. Dengan channel B-secure, pelaku bisnis bisa memberikan kemudahan bagi pemegang kartu GPN untuk dapat menikmati kenyamanan berbelanja online dan keamanan dalam pembayaran.

Antusiasme dan ketertarikan masyarakat menggunakan GPN pun tinggi dan terus meningkat. Menurut Bank Indonesia, tercatat jumlah pertumbuhan nilai transaksi GPN mencapai Rp 6,21 triliun dengan jumlah transaksi sebanyak 13,6 juta kali pada Juli 2019 atau tumbuh 44 persen secara tahunan atau year on year. Bank Indonesia sendiri menyatakan seluruh bank atau 115 bank di Indonesia dilibatkan untuk menerbitkan kartu debit GPN. Tercatat hingga Juli 2019, total ada 36,7 juta kartu GPN telah didistribusikan kepada masyarakat Indonesia.

GPN dirancang untuk memudahkan menciptakan ekosistem sistem pembayaran nasional yang saling interkoneksi (saling terhubung) dan interoperabilitas (saling dapat dioperasikan), meningkatkan perlindungan konsumen melalui pengamanan data transaksi nasabah dalam setiap transaksi serta meyakinkan ketersediaan dan integritas data transaksi. Menilik keuntungan menggunakan kartu debit berlogo GPN, sedikitnya ada 5 (lima) keuntungan yang bisa Anda peroleh yaitu:

1. Seluruh Kanal Pembayaran Saling Terkoneksi

Dengan kartu berlogo GPN, Anda bisa melakukan transaksi di semua kanal pembayaran yaitu semua mesin EDC maupun ATM bank seluruh Indonesia karena sistem GPN telah terkoneksi dengan semua perbankan. Semua proses transaksi juga cepat dan mudah karena ditampung melalui satu sistem.

2. Keamanan Data Transaksi

Anda tidak perlu khawatir transaksi Anda gagal atau malah double dengan menggunakan kartu debit GPN karena kartu debit GPN telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang terstandarisasi. Seluruh kartu juga telah menggunakan teknologi chip sehingga aman dari kejahatan perbankan seperti skimming atau pencurian informasi kartu debit.

3. Penurunan Merchant Discount Rate (MDR)

Kenyamanan yang akan dirasakan pemegang kartu debit GPN adalah nilai merchant discount rate yang lebih rendah dari perusahaan principal asing. Hal ini disebabkan semua data transaksi diproses di dalam negeri. Penurunan MDR juga mempengaruhi biaya transfer dan tarik tunai beda bank yang juga turun.

4. Biaya Administrasi Lebih Murah

Menggunakan kartu GPN, biaya administrasi bulanan yang dikenakan bank lebih murah karena seluruh sistem pembayaran sudah terkoneksi dan biaya yang dikeluarkan oleh penyelenggara pun bisa lebih murah.

5. Tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak

Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak karena dengan GPN Anda akan semakin mudah bertransaksi non tunai di seluruh kanal pembayaran yang saling terkoneksi.

Sebagai pengguna kartu debit GPN, Anda dapat bertransaksi lebih murah, aman, terkoneksi dengan seluruh kanal pembayaran hingga bisa bertransaksi online melalui B-secure. Bukti komitmen Faspay dalam menjaga kualitas layanan pun dibuktikan dengan raihan penghargaan sebagai satu dari 13 partners pioneer B-Secure yang diberikan oleh Artajasa & Infinitium.

Berbagai keuntungan di atas bisa didapat jika Anda menggunakan kartu berlogo GPN. Nah, dengan mengetahui berbagai keuntungan menggunakan kartu GPN, Anda pun telah mendapat bayangan tentang keuntungan apa saja yang akan diperoleh jika menggunakan kartu GPN.

 

 

 

Related Articles

Faspay at HCMA Jakarta Annual Meeting

HCMA-FASPAY.jpg

Faspay’s Breakfasting with Strategic Partners 2017

rsvp.jpg

Faspay Raih Dua Penghargaan dalam Dua Hari dari SWA & B-Secure

faspay-awards-2018.jpg