8 Pelajaran Penting dari Alibaba

8 pelajaran penting alibaba

Alibaba Group, sebuah perusahaan raksasa teknologi asal China yang bermula dari startup, hingga kini telah bertransformasi menjadi perusahaan global yang memiliki spesialisasi e-commerce, ritel, internet, kecerdasan buatan, dan teknologi. Didirikan pada tahun 1999, kini Alibaba dinobatkan sebagai salah satu perusahaan paling dikagumi di dunia oleh Majalah Fortune dan menjadi salah satu dari 10 perusahaan paling bernilai dan terbesar di dunia.

Perjalanan sukses gurita bisnis Alibaba ini dalam menembus pasar global dan perusahaan bervaluasi tinggi ini akan memberikan beberapa pelajaran penting yang dapat diambil oleh para pengusaha dalam membangun bisnis berbasis digital. Berikut adalah beberapa pelajaran berharga yang bisa diambil dari Alibaba:

1. Merangkul mentalitas "infrastruktur"

Dalam hal infrastruktur, Alibaba fokus pada memungkinkan semua jenis bisnis, baik yang skala besar maupun kecil, memiliki infrastruktur di marketplace, seperti infrastruktur pembayaran, kredit, big data,finansial dll. Marketplace dengan infrastruktur yang lengkap lebih diminati pelanggan dan brand untuk menjual di marketplace tersebut.

2. Merangkul pembayaran sebagai infrastruktur

Kesuksesan Alibaba memiliki banyak keterkaitan dengan kemudahan sistem pembayaran. Alibaba tidak hanya bergantung pada pembayaran lewat bank, debit, maupun kredit tetapi juga secara offline.

Penting bagi pelaku bisnis untuk menggunakan sistem pembayaran yang lengkap. Sistem pembayaran yang lengkap akan mampu mengakomodasi kebiasaan transaksi pelanggan yang terus berubah dari waktu ke waktu.

3. Merangkul credit rating sebagai infrastruktur

Peringkat kredit atau credit rating ialah salah satu infrastruktur yang diterapkan Alibaba. Baik perusahaan swasta maupun publik dapat mengintegrasikan skor dari credit rating ke dalam sistem mereka melalui API yang disediakan oleh Alibaba.

4. Keuangan sebagai infrastruktur

Alibaba bertransformasi menjadi bisnis yang juga merambah dunia fintech. Alibaba menawarkan wealth fund, pinjaman mikro, asuransi, product crowdfunding, dll. Infrastruktur fintech ini tentu menjadi aset bernilai bagi perusahaan juga.

5. Menjalin kemitraan yang saling melengkapi

Dalam hal infrastruktur logistik, Alibaba bekerja sama dengan 4 perusahaan logistik China paling berpengaruh untuk meluncurkan jaringan logistik cerdas, Cainiao. Alibaba percaya infrastruktur logistik menjadi aset utama dalam pendistribusian nasional hingga global.

6. Merangkul big data sebagai SaaS

Salah satu hal tentang strategi big data Alibaba yang dapat diambil ialah platform pemasaran. Platform ini adalah cross-screen marketing dan layanan pengembangan produk berbasis data.

7. Integrasi online ke offline

Integrasi online ke offline menghadirkan kenyamanan, transparansi, dan aksesibilitas belanja digital ke hampir semua toko fisik. Pengguna dapat membayar di toko fisik melalui aplikasi atau website.

8. Membuat event marketing yang kreatif

Salah satu acara marketing besar yang diselenggarakan Alibaba ialah acara yang menggabungkan festival belanja dengan mengundangkan global ambassadors. Kesuksesan festival belanja ini didukung dengan pemrosesan pembayaran, pemenuhan logistik, produksi konten, dan kampanye berjalan yang mumpuni.

Perjalanan bisnis Alibaba yang berskala global ditunjang oleh berbagai hal, salah satunya sistem pembayaran online. Faspay sebagai payment gateway dengan izin Bank Indonesia hadir sebagai solusi pembayaran bagi segala jenis bisnis yang ingin menawarkan kemudahan pembayaran melalui beragam channel pembayaran. Faspay menyediakan berbagai macam metode pembayaran online seperti kartu kredit, internet banking, virtual account, mobile banking, e-money, retail payment hingga kredit online.

Faspay juga telah memproses lebih dari dua juta transaksi setiap tahunnya untuk lebih dari 100 bank baik nasional dan lokal di Indonesia. Faspay memiliki sistem keamanan transaksi dengan sistem Fraud Detection System terkini dan kepemilikan sertifikasi PCI-DSS Level 1.

Untuk itu, apabila Anda memiliki pertanyaan terkait sistem pembayaran online untuk bisnis Anda, Anda dapat menghubungi hello@faspay.co.id.

 

 

 

Related Articles

​Mencuri Hati Calon Investor  

money-matters-1173120.jpg

​Tips Cermat Memilih Layanan Kredit Online Tanpa Kartu Kredit

onlineCC.jpg

Maybank2u Hadir Sebagai Payment Channel Terbaru di Faspay!

Maybank2u Hadir Sebagai Payment Channel Terbaru di Faspay