3 Cara untuk Memahami Konsumen Digital

3 Cara untuk Memahami Konsumen Digital

Seiring dengan kemajuan teknologi dan internet, saat ini kita telah menjadi konsumen digital. Di era digital ini, salah satu fokus bisnis ialah memahami pelanggan Anda. Penting untuk memerhatikan saluran komunikasi yang selalu berubah. Perilaku konsumen pun terus berubah dengan adanya teknologi dan kemudahan mengakses informasi melalui internet. Untuk itu, agar dapat memahami konsumen digital Anda sehingga Anda dapat menerapkan strategi bisnis yang tepat, berikut adalah 3 cara untuk memahami konsumen digital yang dapat Anda terapkan: 

  1. Risetkonsumen sangatlah penting 

Karena informasi yang berlebihan dan banyak pilihan, pelanggan menjadi te biasa untuk mendapat solusi dengan cepat. Ketika orang menjadi lebih berpengalaman dengan teknologi komunikasi modern, mereka dapat menggunakan teknologi secara lebih efisien dan efektif untuk keuntungan mereka. Untuk itu, perlu dilakukan riset untuk mengetahui lebih jauh karakter konsumen dan solusi apa yang diinginkan konsumen di era digital ini. 

  1. Mengkombinasikaninteraksi antar manusia dan digital 

Pendekatan personal dengan interaksi antar muka memiliki kelemahan yaitu  kalabilitas. Suatu bisnis yang mampu mengkombinasikan dua aspek interaksi melalui digital maupun manusia akan memiliki lebih banyak peluang untuk berhasil. Seperti misalnya mengirimkan email campaign ke pelanggan tentang produk atau layanan Anda. Sementara itu juga tetap melakukan pendekatan personal dengan interaksi antar muka. 

  1. Menantangstatus quo 

Suatu bisnis perlu beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Setiap bisnis harus memahami pelanggan Anda dan dengan berjalannya waktu beradaptasi dengan tren dan evolusi industri. Namun, tentunya tidak semua tren ataupun evolusi yang terjadi dapat serta merta diterapkan di binis Anda. 

Saat ini, salah satu tantangan terbesar bagi suatu bisnis ialah memahami konsumen digital. Anda perlu memahami siapa pelanggan Anda, mengapa mereka membeli produk Anda dan bagaimana proses itu akan berubah di tahun-tahun mendatang. Penting juga untuk memahami dampak teknologi pada hubungan bisnis dengan pelanggan saat ini dan pelanggan baru di masa mendatang. 

| Editor : YJ | 

Related Articles

3 Faktor Payment Online yang Akan Mempengaruhi Cara Bayar Anda Tahun 2018

pexels-photo-919436.jpg

Faspay at “Fintech Talk January 2019” by Asosiasi Fintech Indonesia

Faspay-at-Fintech-Talk-by-AFTECH-January-2019.jpg

​Faspay dalam HCMA Annual Meetinga

HCMA-Bali.jpg