Bagaimana Startup Menjaga Agar Cashflow Tetap Positif?

Bagaimana Startup Menjaga Agar Cashflow Tetap Positif

Biasanya startup akan mengalami beberapa masalah cash flow atau arus kas ketika mulai merintis sebuah bisnis. Tentunya, menjaga cashflow adalah persyaratan untuk setiap bisnis agar bisa bertahan dan bahkan meraih kesuksesan sehingga tentunya proses pengelolaan arus kas ini tidak boleh terlambat untuk dilakukan. Ikuti beberapa tips berikut ini akan membantu Anda menghindari masalah arus kas dan menjaga arus kas agar tetap lancar. 

1.Penentuan harga ialah penting 

Penentuan harga harus ditentukan sedemikian rupa sehingga biaya operasional tertutup dan Anda tentunya mendapatkan keuntungan. Namun, terkadang ada startup yang cenderung menjaga harga mereka agak rendah karena persaingan. Hal ini harus diperhatikan karena akan merugikan bisnis dalam prosesnya dan arus kas. 

2.Berpatokan pada breakeven point (BEP) 

Menentukan breakeven point sebagai tujuan akhir akan membuat pengelolaan dana menjadi semakin mudah. Dengan berpatokan pada breakeven point Anda akan menjaga pengeluaran Anda secara ketat dan menjadi lebih inovatif karena Anda akan berpikir tentang ide-ide yang lebih menghemat biaya untuk ekspansi bisnis 

3.Kebijakan pembayaran tetap waktu 

Jika Anda ingin menjaga pengelolaan uang yang baik di perusahaan, maka Anda harus memperbaiki kebijakan pembayaran. Klien atau konsumen Anda harus membayar atas jasa atau produk Anda tepat waktu. Jika terjadi ketidaktepatan waktu membayar maka akan menyebabkan penyimpangan pembayaran dan uang menjadi sulit dikelola. 

4.Memperhatikan pengeluaran 

Salah satu kunci menjaga cashflow atau arus kas adalah dengan mengetahui tingkat pengeluaran Anda, kemudian mengatur anggaran dan memastikan Anda tetap pada anggaran. Anda bisa meninjau pengeluaran Anda secara berkala dan jika melihat adanya pengeluaran berlebih, Anda dapat menemukan cara menguranginya sehingga tidak menjadi beban. 

5.Mengelola dana cadangan 

Dana cadangan ini krusial sebagai antisipasi apabila Anda menghadapi kesulitan finansial. Dana cadangan penting untuk mencegah arus kas Anda menjadi negatif karena Anda telah memiliki dana cadangan.

Menangani masalah keuangan mungkin akan sulit untuk bisnis startup. Tips di atas dapat Anda segera diterapkan untuk mempertahankan arus kas yang stabil. Tidak pernah terlambat untuk memperbaiki arus kas Anda. 

| Editor : YJ | 

Related Articles

Faspay di Indonesia Fintech Show 2018

IFS-2018-Faspay.jpg

​Media Visit Faspay ke Majalah Marketing

faspay-media-visit-ke-majalah-marketing_190107_072016.jpg

Positive Working Environment

Positive-Working-Environment-Illustration.jpg