Tips Efektif Mengembangkan E-commerce dari Pakar E-commerce Dunia

Tips Efektif Mengembangkan E-commerce dari Pakar E-commerce Dunia

Dalam memulai dan menjalani bisnis e-commerce ini diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk menghadapi tantangan dan persaingan e-commerce yang ketat. Mungkin Anda sedang mencari tips mengembangkan e-commerce yang bisa diterapkan di bisnis Anda. 

Terdapat banyak tips yang bisa didapat jika menelusuri lebih dalam pemikiran para pakar e-commerce dunia tentang pandangannya dalam merevolusi strategi mengembangkan e-commerce Anda. Coba jalankan beberapa tips dari para pakar e-commerce dunia ini untuk kemajuan bisnis e-commerce Anda. 

  1. Bangunmerek yang kuat 

Neil Patel, Co-founder Neil Patel Digital menyampaikan bahwa proses branding adalah hal krusial yang harus dibangun agar suatu merek tertanam kuat di benak publik. Setiap perusahaan mungkin bisa menawarkan ongkos pengiriman gratis atau promo-promo menarik lainnya. Tetapi, perusahaan yang telah membangun merek dengan kuat ialah yang akan bertahan di tengah ketatnya persaingan. 

  1. Lebihpersonal dengan customer 

Ashley Eaton, partner marketing specialist Volusion berbagi tentang pentingnya perusahaan untuk membuat customer merasa terkoneksi dengan merek, layanan atau produk Anda. Semakin banyak Anda terhubung dengan customer, semakin mereka akan tertarik untuk melakukan pembelian dan kembali ke toko atau bisnis Anda. Salah satu contoh yang diterapkan Ashley Eaton adalah menghadirkan fitur live chat dan ulasan produk untuk memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik. 

  1. Menghadirkanpengalaman berbelanja yang mudah dan menyenangkan 

William Harris dari Sellbrite menggarisbawahi pentingnya pengalaman berbelanja. Seperti misalnya, memberikan pengalaman membeli lewat mobile yang baik, mengirim kupon dan tawaran menarik ke customer yang telah berbelanja, berbagi tentang produk baru di social media atau website, hingga memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan secara keseluruhan. 

Hal yang sebaiknya juga menjadi fokus pelaku bisnis ialah menghadirkan sistem pembayaran online yang aman dan nyaman berupa payment gateway. Dengan payment gateway, customer bisa merasakan keamanan bertransaksi online serta beragam pilihan metode pembayaran. 

  1. Aktifmenggunakan e-mail dan social media 

Frank Hatchett ialah seorang pakar di balik Online Dimes, sebuah sumber daya bagi para pengusaha yang ingin memahami strategi pertumbuhan e-commerce. Tips dari Frank adalah menjalin hubungan baik dengan konsumen melalui kedua media tersebut. Anda akan berkesempatan memiliki rasio konversi yang lebih tinggi karena target audiens biasanya sudah lebih terarah. 

  1. Buatprogram loyalitas pelanggan 

Salah satu pakar e-commerce, Richard Lazazzera dari Shopify berbagi tentang membangun program loyalitas yang dapat meningkatkan konversi penjualan dari pelanggan yang sudah ada. Membuat program loyalitas bisa dimulai secara sederhana dengan menghadiahi customer dengan reward pada pembelian kedua mereka. 

Bisnis e-commerce memang menawarkan potensi untuk meraup keuntungan yang besar. Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal diperlukan kerja keras yang konsisten dan strategi yang matang. Raih kesuksesan e commerce dengan terus belajar dan menyesuaikan bisnis dengan teknologi, tren, serta minat customer yang akan selalu berubah. 

| Editor : YJ | 

Related Articles

Bagaimana Email Marketing Bekerja untuk Bisnis Online?

Bagaimana-Email-Marketing-Bekerja-untuk-Bisnis-Online.jpg

Strategi Marketing untuk Menjangkau Millennials

Strategi-Marketing-untuk-Menjangkau-Millennials.jpg

Bagaimana Menulis Abandoned Cart Email Marketing yang Menarik?

email_phone.jpg