Tren dan Manfaat Dompet Digital yang Semakin Digandrungi

Tren dan Manfaat Dompet Digital yang Semakin Digandrungi

Layanan pembayaran digital kini tengah meningkat popularitasnya dan menj di tren. Berbagai transaksi tanpa uang tunai dapat dilakukan melalui dompet digital layaknya fungsi kartu kredit dan debit, seperti untuk membeli tiket pesawat, membayar makanan di restoran, berbelanja online, dan lain sebagainya. Secara umum, Dompet Digital adalah produk layanan uang elektronik berbasis chip dan server. Dompet digital berbasis chip biasanya berbentuk kartu, seperti e-Money, Flazz, Brizzi. Sedangkan dompet digital berbasis server seperti OVO dan LinkAja.

Antusiasme masyarakat menggunakan dompet digital ini terbilang tinggi. Be dasarkan data yang dilansir melalui CNN, pasar dompet digital di Indonesia mencapai US$1,5 miliar (Rp 21 triliun). Adapun menurut Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta, per Februari 2019, data transaksi atau ticket size dari penyedia layanan uang elektronik non bank mencapai 33 ribu, jauh lebih tinggi dari rata-rata data transaksi layanan uang elektronik bank yang hanya sebesar 13 ribu.

Ketertarikan masyarakat pada dompet digital ini tentu karena berbagai manfaat yang diberikan dompet digital. Berikut manfaat manfaat dari penggunaan dompet digital yang dapat membantu Anda untuk menimbang penggunaandompet digital ini. 

  1. Praktis,mudah, dan efisien 

Dengan dompet digital Anda semua kebutuhan transaksi pembayaran bisa dipenuhi saat itu juga dan dilakukan dalam satu aplikasi dompet digital yang terpasang di smartphone Anda. Selain itu, dompet digital juga mudah dibawa kemana saja dengan limit yang besar dan pengisian saldo dimana saja. 

  1. Banyak promo dandiskon

Beragam promosi ditawarkan oleh penyelenggara dompet digital yang menguntungkan dan menarik pengguna untuk menggunakannya. Mulai dari reward, cashback atau diskon besar-besaran, hingga promo-promo khusus di merchant-merchant pilihan. 

  1. Lebihaman dan resiko lebih rendah 

Dana atau uang Anda akan tersimpan aman di dompet digital dengan adanya sistem verifikasi PIN atau sidik jari tangan untuk mengakses dompet digital di smartphone Anda. Dengan begitu, data dan saldo akan tersimpan lebih aman. 

  1. Memudahkanpengaturan uang 

Histori transaksi yang ada pada aplikasi dompet digital memudahkan Anda untuk mengatur anggaran di bulan selanjutnya. Anda dapat menganalisis pengeluaran dalam sebulan dan menjadikannya acuan untuk budgeting bulan berikutnya. 

  1. Membayardengan nominal yang seharusnya 

Manfaat lain dari dompet digital adalah Anda melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai. Hal ini juga menguntungkan penjual karena tidak perlu menyediakan uang kembalian untuk customer. 

Penggunaan dompet digital yang semakin marak digunakan dengan berbagai manfaatnya ini dapat mendukung ekosistem dan inklusi keuangan Indonesia. Jangkauan penggunaannya juga perlu didukung oleh para pelaku bisnis yang mulai mengintegrasikan pembayaran dengan dompet digital. Jadi, dengan segala kemudahan dan manfaat dompet digital, tertarikkah Anda menggunakannya? 

| Editor : YJ | 

Related Articles

Faspay Year End Gathering 2017 "Together Towards Tomorrow"

Faspay-Year-End-Gath-Together-Towards-Tomorrow-Faspay-Award-2017.jpg

​FASPAY INDOVERSARY PROMO #HUTRI72

indoversary_faspay_27ribu_2017_instagram_convert.jpg

Ikuti 5 Tips Ini Agar Untung saat Harbolnas

5_tips_untung_harbolnas.jpg