Tips Cerdas Mengelola THR

Tips Cerdas Mengelola THR

Persiapan memasuki hari raya Idul Fitri tentunya membuat kita membutuhkan biaya yang lebih dari hari-hari biasanya. Tunjangan Hari Raya (THR) yang dinanti-nantikan tentunya dapat menjadi dana tambahan yang mampu memenuhi kebutuhan di hari raya. Dana THR tentu perlu dikelola dengan tepat agar penggunaannya bermanfaat dan digunakan semestinya. 

Oleh karena itu, agar THR Anda terkontrol dan dapat dialokasikan dengan baik, berikut beberapa tips cerdas mengelola THR yang perlu Anda ketahui: 

  1. BuatRencana Pengeluaran 

Sebelum kamu menerima uang THR, sebaiknya buat anggaran atau rencana pengeluaran dana THR. Pastikan THR akan digunakan untuk kebutuhan menjelang dan pada saat hari Raya Idul Fitri. Usahakan untuk merencanakan keuangan dengan bijak dan memperhitungkan pengeluaran di pertengahan bulan depan usai Idul Fitri. 

  1. SisihkanTHR untuk ditabung 

Ada baiknya jika menyisihkan dana THR Anda sekitar 30%-50% untuk ditabung segera setelah menerimanya. Tabungan dapat dipisahkan ke rekening berbeda sehingga tabungan ini bisa diandalkan di masa depan untuk prioritas-prioritas Anda. 

  1. PersiapkanDana Darurat 

Sisihkan dana THR untuk keperluan dana darurat. Dana darurat ini tentu berguna untuk keperluan mendadak yang bisa terjadi kapan saja dan tidak dapat diprediksi jumlahnya. 

  1. Alokasikanuntuk Investasi 

Sebaiknya gunakan dana THR untuk berinvestasi sehingga keuntungan akan berlipat ganda. Alokasikan sekitar 10-20 persen dari dana THR untuk berinvestasi dan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang terus bertambah hingga Anda menerima THR lagi. 

  1. Alokasikanuntuk Hari Raya 

Kebutuhan hari raya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jika tidak dialokasikan dengan baik tentu akan terjadi penggunaan dana THR yang berlebihan. Sebaiknya Anda memisahkan terlebih dahulu dana untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Setelah itu , dapat dialokasi untuk membeli pakaian baru, perlengkapan ibadah, hingga tiket mudik yang sebaiknya dibeli jauh-jauh hari untuk menghindari lonjakan harga.

Sudah saatnya Anda mengelola dana THR dengan sebaik baiknya. Ketahui dan prioritaskan dana THR untuk hal-hal yang diperlukan dan alokasikan untuk investasi dan menabung untuk kesehatan finansial yang lebih baik. 

| Editor : YJ |

Related Articles

​Faspay dalam HCMA Annual Meetinga

HCMA-Bali.jpg

Ikuti 5 Tips Ini Agar Untung saat Harbolnas

5_tips_untung_harbolnas.jpg

​Tips Meramaikan Transaksi Online di Toko Anda

bisnisOnline-1.jpg