Jangan Biarkan Flash Sale Membuat Finansial Anda Berantakan

jangan_biarkan_flashsale.jpg

Menjelang akhir tahun, beberapa situs e-commerce biasanya akan mengadakan program flash sale atau diskon besar. Harga yang lebih ‘miring’ dari biasanya dapat membuat orang rela saling adu cepat dengan konsumen lain untuk mendapatkan produk incaran. Persaingan yang ketat antar konsumen ini terkadang membuat flash sale menjadi ajang untuk uji keberuntungan saja. Secara tak sadar, Anda menjadi lebih impulsif karena membeli barang-barang yang tidak Anda perlukan.

Nah, sebelum tergiur dengan promo flash sale, sebaiknya Anda dapat mengontrol diri dan tetap teliti agar tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan. Berikut ini hal-hal yang perlu perhatikan agar flash sale tidak membuat keuangan Anda berantakan.

1. Amati situs e-commerce tempat Anda berbelanja

    Biasanya, saat program flash sale berlangsung beberapa situs e-commerce telah menaikkan harga produk terlebih dahulu. Jadi, mereka tak begitu saja memberikan harga dengan potongan yang besar. Agar Anda tak tertipu, cobalah untuk mengamati harga normal produk yang Anda inginkan beberapa hari sebelum flash sale diadakan atau cek harga produk yang sama di situs e-commerce lain.

    Dari sini, Anda dapat mengetahui apakah harga produk yang ditawarkan lebih murah atau justru lebih mahal dari harga normal.

    2. Persiapkan budget yang akan Anda gunakan untuk berbelanja

      Jika Anda sudah mengetahui akan ada program flash sale di situs e-commerce tertentu dan ingin ikut berburu barang murah, persiapkan budget Anda dari jauh-jauh hari. Beri batas maksimal budget-nya dan perhitungkan berapa banyak barang yang akan Anda dapatkan dengan budget yang Anda siapkan. Pastikan total belanja Anda tidak melebihi batas, ya!

      3. Jangan memaksakan diri apabila keuangan Anda sedang kritis

        Beberapa e-commerce mengadakan flash sale di waktu yang mendadak dan bisa jadi pada saat itu keuangan Anda sedang kritis. Jika Anda sedang dalam situasi demikian, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membeli. Fokuslah pada kebutuhan yang menjadi prioritas Anda.

        4. Bertanya pada diri sendiri

          Saat melihat harga murah di flash sale, Anda bisa tergiur begitu saja dan mengesampingkan perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Sebelum klik tombol “Beli” dan menyelesaikan transaksi, sebaiknya tanyakan pada diri Anda sendiri “Apakah saya benar-benar membutuhkan barang ini?” dan “Apakah barang ini akan berguna untuk saya?”. Coba yakinkan diri Anda terlebih dahulu sebelum membelinya. Jangan sampai setelah membeli Anda menyesal, ya.

          Beberapa situs e-commerce yang menyelenggarakan flash sale biasanya telah melengkapi keamanan finansial konsumen dengan payment gateway fintech. Payment gateway sangat berfungsi untuk melindungi transaksi belanja online dari cyber crime. Untuk informasi lebih lanjut mengenai payment gateway, khususnya bagi fintech Indonesia, simakSistem Pembayaran Online Memudahkan e-Commerce di Indonesia”.

          Sistem-Pembayaran-Online-Selain-PayPal.jpg

          6 Sistem Pembayaran Online Selain PayPal

          Permata-Faspay-Jawa.jpg

          Roadshow FASPAY dan Permata Bank Syariah di Pulau Jawa

          Cyber-Security-Training-FASPAY-April-2018.jpg

          Pelatihan Cyber Security FASPAY