Cermat Belanja Online dengan 5 Tips Jitu

cermat_belanja_online.jpg

Biasanya, bagi pekerja kantoran yang gajian di tanggal-tanggal akhir bulan, belanja online menjadi salah satu ‘jadwal’ yang menyisip di antara pengeluaran-pengeluaran wajib. Apakah Anda juga begitu?

Terlepas dari semakin asyiknya kegiatan jual-beli online di era digital, kisah penipuan bermodus belanja online masih terjadi. Anda tetap harus waspada saat berbelanja online. Simak 4 tips di bawah ini supaya terhindar dari kerugian belanja online.

1. Budayakan Membaca Ulasan Terlebih Dahulu

Di marketplace ataupun social media Anda pasti paling tidak sekali melihat seller baru setiap hari. Artinya, ada banyak seller online yang berlomba menarik perhatian pembeli melalui cara yang eye-catching. Karena itu, sangat perlu memilih seller yang memiliki reputasi baik agar terhindar dari modus penipuan.

add-to-cart jika Anda belum yakin dengan reputasi seller. Luangkan waktu untuk mencari tahu sejelas-jelasnya tentang seller sebelum membeli. Seperti, membaca terlebih dahulu ulasan orang yang pernah membeli, berapa banyak yang memberi rating bagus, dan berapa banyak barang terjual.

2. Teliti Melakukan Transaksi

Dengan merebaknya peningkatan keamanan payment gateway fintech Indonesia, transaksi online bagaimanapun wajib dilakukan dengan benar. Terlebih kini sudah tersedia lebih dari satu metode pembayaran–transfer mobile banking, COD, internet banking, dan sebagainya.

Rata-rata marketplace sekarang menerapkan konsep rekening bersama, yaitu uang dari pembeli baru akan ditransfer ke penjual setelah proses jual-beli sukses. Indikasi sukses antara lain ada konfirmasi dari pembeli bahwa barang sudah diterima. Namun, jika Anda berbelanja di luar konsep itu, sebaiknya memastikan terlebih dahulu kredibilitas penjual. Ya, kembali perhatikan poin satu.

fraud, baca tips kami tentang “7 Cara Mudah untuk Menjaga Kartu Kredit Anda”.

3. Jangan Gunakan Wifi Publik

Meskipun kini sambungan wifi publik bisa ditemukan di banyak tempat, risiko pencurian data selagi transaksi melalui koneksi wifi publik tetap diwaspadai. Anda tentu tak mau risiko ini menimpa Anda, kan? Karena itu, agar data CC ataupun akun lain tetap aman, hindari koneksi wifi seperti ini. Lebih baik, tunda hasrat berbelanja Anda hingga menemukan koneksi wifi di tempat yang bisa Anda percaya dan tidak dipakai publik.

4. Cermat Menilai Deskripsi Produk

Deskripsi produk dalam bentuk tulisan saja tidak cukup untuk menarik minat pembeli. Penjual wajib menyertakan gambar produk real sebagai etalase.

Nah, karena pembeli tak bisa menilai langsung produk secara nyata, seringkali barang yang diterima tidak sesuai dengan gambar. Untuk menghindarinya, cermatlah dalam menilai produk sebelum add to cart. Saat berbelanja pakaian misalnya, pastikan lingkar badan dan ukurannya pas dengan Anda.

Cara tersebut pun berlaku ketika membeli produk makanan/minuman, kosmetik atau obat-obatan mengingat banyak barang imitasi beredar dengan harga jauh lebih murah.

Jika penjual tidak menyertakan detail deskripsi produk, Anda berhak bertanya langsung via chat, section diskusi, atau nomor yang bisa dihubungi.

online. Asalkan, kita teliti dan waspada. Jika tips di atas merupakan langkah awal untuk berbelanja aman, baca juga cara berbelanja hemat di artikel ini

pexels-photo-920382.jpg

Jangan Hanya Terpaku pada Promo, Berikut Ini Tips Belanja Online Hemat di Bulan Ramadan

1_BRI_Faspay_Gathering_Makassar.jpg

Faspay di BRI E-Commerce Gathering Makassar