Tips Mengatur 5 Jenis Budget Menjelang Lebaran

ketupat-Hari-Raya-Indonesian-rice-cake.jpg

Lebaran tinggal beberapa hari ke depan. Sudahkah Anda mempersiapkan pos budget untuk Hari Fitri? Belum terlambat kok mempersiapkannya dari sekarang.

Budget 1: Zakat, Infaq, Sedekah

Di luar persiapan menyambut hari Lebaran pun sebenarnya budget ZIS juga dipersiapkan. Namun, menjelang Idul Fitri ada budget zakat atau infaq yang wajib Anda keluarkan, yang nantinya diperuntukkan kepada pihak yang membutuhkan. Zakat Fitrah dikumpulkan hingga sebelum salat Ied. Karena itu, jika Anda belum menyisihkan budget untuk ini, persiapkan sekarang ya.

Budget 2: THR

Tunjangan Hari Raya (THR) tidak hanya diterima karyawan kantoran, tapi juga pekerja di rumah Anda. Hitunglah THR mulai dari asisten rumah tangga, baby sitter (kalau ada), sopir pribadi (kalau ada), tukang sampah yang biasa mengangkut sampah Anda, sampai dengan satpam di kompleks perumahan. Supaya tidak tercampur, masukkan THR untuk tiap-tiap pekerja ke amplop yang berbeda dan beri nama.

Budget 3: Ongkos Mudik

Tradisi mudik Lebaran sudah menjadi ritual tahunan yang sayang dilewatkan terutama jika Anda disibukkan pekerjaan dan jarang pulang. Nah, coba kali ini sempatkan mudik. Siapkan budget mudik dan transportasinya sejak menerima THR. Namun, kalau Anda berencana mudik setelah Lebaran lantaran kehabisan tiket, pastikan kebutuhan mudik Anda sudah teratasi.

Budget 4: Parcel/Bingkisan Lebaran

Saat Lebaran nanti, Anda dan keluarga akan mengunjungi rumah tetangga, saudara, dan kenalan. Jika Anda bermaksud memberikan bingkisan berupa parcel ke mereka, sisakan budget untuk ini. Catat daftar orang yang akan menerima parcel tersebut sekaligus isi bingkisan yang akan dibungkus parcel.

Budget 5: “Salam Tempel”

Sudah tradisi di Indonesia, setiap acara kumpul keluarga ada bagi-bagi angpao alias “salam tempel”. Nah, apabila Anda juga selalu melakukan tradisi ini setiap Lebaran, persiapkan budget dari awal ya. Catat siapa saja nama keponakan atau saudara Anda yang akan diberikan angpao agar tidak terlupa. Lalu, siapkan nominal yang akan diberikan. Anda mungkin juga perlu menukarkan uang kecil ke bank untuk mereka. Jadi, sempatkan waktu mempersiapkan semua ini.

Pastikan Anda sudah mempersiapkan budget khusus untuk keperluan tersebut sejak sekarang. Selamat merayakan Idul Fitri 1439 H.

credit-card.jpg

7 Cara Mudah untuk Menjaga Kartu Kredit Anda

Virtual-Account-Metode-Pembayaran-yang-Harus-Diperhitungkan.jpg

Virtual Account: Metode Pembayaran yang Harus Diperhitungkan

pexels-photo-682933.jpg

3 Fitur Gamification dalam E-Commerce