Positive Working Environment

Positive-Working-Environment-Illustration.jpg

Membangun sebuah kekompakan dalam tim adalah sebuah tantangan yang dihadapi hampir semua perusahaan. Perbedaan yang ada di tiap-tiap individu dalam sebuah perusahaan tentunya menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Tentunya perbedaan gender, latar belakang pendidikan, generasi hingga pola pikir menjadi sebuah tantangan bagi para pemimpin untuk menyatukan setiap perbedaan yang ada untuk memajukan perusahaan. Beberapa tips dibawah ini bisa Anda coba untuk membangkitkan semangat kerja tim Anda untuk mencapai kesuksesan!

  • Memberikan
    apresiasi untuk hal-hal kecil

Perasaan dihargai
merupakan sebuah hal kecil yang seringkali dilupakan para pemimpin. Suasana
positif dapat dibangun dari hal-hal terkecil seperti mengucapkan terima kasih
ataupun memberikan apresiasi terhadap pencapaian tim maupun anggota di dalam
tim. Perlu diingat bahwa pencapaian sebuah tim atau perusahaan secara
keseluruhan merupakan kerja keras dari anggotanya.

  • Membangun keterbukaan dalam berkomunikasi

Komunikasi adalah hal krusial dalam kelancaraan kerjasama dan hubungan dalam satu organisasi. Keterbukaan dalam berkomunikasi penting untuk diciptakan dalam satu organisasi dan dapat diciptakan melalui kesempatan untuk memberikan pendapat atau saran. Ketika terjadi perbedaan pendapat pun, seorang pemimpin harus dengan bijak memberikan kesempatan untuk anggotanya untuk dapat memberikan pendapat atau idenya agar anggota timnya dapat merasa dihargai. Keterbukaan dalam komunikasi dalam era zaman now juga mencakup penyebaran informasi secara merata sehingga setiap orang mengetahui informasi yang dibutuhkan dan dapat diciptakan dengan membuat group komunikasi melalui aplikasi messenger Whatsapp atau Slack.

  • Memberikan target dalam tim dan menciptakan
    suasana kerjasama tim yang saling melengkapi

Saat sebuah tim diberikan target bersama maka hal yang ingin diciptakan oleh sebuah perusahaan adalah bagaimana para anggota tim dapat bekerjasama dan saling mendukung satu sama lain untuk mencapai target tersebut. Setiap anggota tim memiliki perannya masing-masing dalam jabatan mereka dan tentunya pencapaian sebuah tim merupakan hasil kerja keras bersama.

  • Saling mengenal secara pribadi

Walaupun tidak semua orang bersedia berteman dengan rekan kerjanya, setiap anggota tetap perlu mengenal sosok rekan kerjanya. Pemimpin tim atau perusahaan juga terkadang perlu mengadakan kegiatan kebersamaan agar anggota tim dapat lebih mengenal satu sama lain diluar lingkungan kerja, seperti acara nobar film terbaru atau makan siang bersama untuk meningkatkan kekompakan tim.

  • Merayakan kesuksesan maupun kegagalan

Hal penting lainnya untuk membangun sebuah lingkungan kerja yang positif adalah rasa kebersamaan dan memiliki dari sebuah perusahaan. Pemimpin tim perlu membuat para anggotanya tidak merasa sendirian ketika dilanda masalah dan tentunya perlu berbagi kebahagiaan ketika mencapai sebuah keberhasilan. Adanya rasa memiliki dapat membuat seseorang mencurahkan segala tenaga dan pikirannya untuk membuat sebuah perusahaan menjadi besar dan sukses.

CyberSecure-1.jpg

Online Fraud Prevention: Waspadakah Anda terhadap Penipuan Online?

Cashless-Wallet.jpg

Tips Membatasi Pemakaian e-Money

Kolaborasi Faspay dan Prabu-Hub dalam Mewujudkan Program Logistik Indonesia 4.0

Kolaborasi Faspay dan Prabu-Hub dalam Mewujudkan Program Logistik Indonesia 4.0