Tips Mencegah Credit Card Fraud dalam Payment Online untuk Bisnis Anda

card.jpg

Kebiasaan berbelanja online di era terkini tak lepas dari kemudahan metode pembayaran yang semakin maju. Toko-toko online pun kini sudah membuka banyak pilihan metode pembayaran yang bisa customer bayar melalui handphone atau tablet. Namun, segala sisi positif ini bukan tanpa risiko. Anda pasti seringkali mendengar tentang credit card fraud, skimming, atau penipuan lain yang dimulai dari pembobolan data penting di internet. Tidak hanya ini merugikan konsumen, tetapi bisnis Anda juga kena imbasnya karena peningkatan biaya chargeback.

Karena itu, jika Anda termasuk pebisnis e-commerce, keamanan adalah salah satu faktor tanggung jawab Anda. Ada banyak taktik sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mencegah pencurian data dan transaksi penipuan. Beberapa cara penting bisa Anda lakukan antara lain di bawah ini.

Mengaktifkan AVS

Address Verification System (AVS) adalah cara sederhana pertama untuk mencegah penipuan payment online yang menimpa konsumen Anda. Caranya adalah mewajibkan konsumen mengisi alamat billing saat mereka membayar tagihan. Ini memungkinkan sistem untuk mencocokkan billing address di kartu dengan yang tertulis saat melakukan pembayaran. Jika keduanya tidak cocok, transaksi kartu kredit otomatis ditolak.

Meminta Nomor CVV

Kurang lebih sama seperti cara AVS di atas, menyimpan nomor Card Verification Value (CVV) adalah opsi yang mudah untuk mengurangi penipuan online payment. Anda mungkin sudah tahu, CVV adalah tiga digit nomor yang tertera di kartu. Meminta nomor ini pada saat pembayaran memastikan bahwa konsumen benar-benar membayar dengan kartu kredit di tangan.

Authorizations

Meminta digital signature pada saat terjadi pembayaran adalah cara lain untuk melindungi Anda dan customer. Dengan digital signature, yang menggunakan dual authentication untuk verifikasi identitas, Anda mencegah penipuan karena ada penambahan keamanan saat melakukan pembayaran. Dalam transaksi tanpa kartu, dual authentication merupakan metode lanjutan yang memastikan informasi hanya bisa diakses pihak-pihak yang diperbolehkan.

Signature dapat ditemukan di produk yang memasang akses email atau handphone pemilik signature melalui tahap verifikasi kedua. Bentuknya bisa berupa PIN yang tertulis pada billing statement. Ini merupakan ‘rahasia bersama’ antara pengirim dan penerima digital signature (yang melakukan pembayaran). Temukan penyedia digital signature yang menyediakan audit report agar Anda dapat dengan mudah mengakses dokumen customer ketika diminta. Menambah extra layer perlindungan berarti Anda turut mengurangi kemungkinan permintaan pembayaran dari orang yang salah.

2-cimb-square.jpg

CIMB Go-Mobile is now Available in FASPAY!

faspay_millennials_article_August_FaspayUpdate.jpg

Generasi Millennial: Aset Berharga Perusahaaan Anda

fc1b9048-bf28-40aa-8147-520b5d8e2daa.jpg

​Partisipasi Faspay dalam Hybrid Marketing for Indonesia E-Commerce