Tips Cermat Memilih Layanan Kredit Online Tanpa Kartu Kredit

onlineCC.jpg

Ketika lagi tengah bulan atau uang sedang pas-pasan, tetapi ada kebutuhan mendadak atau sekedar hasrat ingin belanja mulai muncul, kartu kredit terkadang dapat menjadi sahabat yang dapat diandalkan untuk mewujudkan impian kita. Tidak hanya belanja di mall ataupun toko, sekarang data menunjukkan bahwa 20% transaksi di e-commerce menggunakan pembayaran menggunakan kartu kredit. Namun fakta lain yang cukup mengagetkan adalah bahwa jumlah pemilik kartu kredit di Indonesia ternyata cenderung masih sangat sedikit ditambah dengan peraturan BI yang membatasi kepemilikan kartu kredit max 2 kartu per-orang.

Solusi barupun muncul beberapa tahun belakangan. Adalah layanan kredit online kartu kredit. Bahkan masyarakat dapat melakukan pembayaran cicilan hingga 12 bulan. Fenomena ini sangat dinikmati oleh masyarakat Indonesia yang tidak memiliki Kartu Kredit. Dibalik kemudahan yang ditawarkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kita menggunakan layanan ini.

  • Bandingkan tingkat suku bunga dengan harga produk yang ingin dibeli
  • Jangan mudah tergiur promo DP ringan
  • Pastikan reputasi pemberi kredit online
  • Pastikan kredibilitas toko online
  • Pastikan kemampuan kita untuk membayar kembali

Saat ini hampir semua toko online memberikan fasilitas cicilan online. Tidak hanya barang-barang yang bernilai jutaan rupiah, namun juga untuk barang-barang yang bernilai hanya ratusan ribu rupiah pun. Namun, pastikan kita mengetahui tingkat suku bunga yang diberikan untuk periode cicilan tertentu yang mungkin dapat membuat nilai akhir produk yang kita beli jauh lebih mahal dari harga seharusnya.

Promo yang paling banyak diberikan toko online biasanya adalah promo DP ringan yang hanya bernilai 10-20% dari harga produk. Namun, seperti tips nomor satu, kita juga kembali perlu mengecek nilai akhir yang akan kita bayarkan atau nilai cicilan yang akan kita setorkan setiap bulannya. Biasanya DP ringan diberikan namun nilai cicilan cenderung lebih berat.

Untuk beberapa merchant online, fasilitas kredit online diberikan oleh pihak ketiga alias tidak dari toko online tersebut. Untuk itu, kita juga perlu jeli dan mengenal siapakah yang memberi layanan tersebut. Pastikan pemberi fasilitas kredit ini diawasi oleh lembaga keuangan dan pemerintahan seperti OJK.

Selain memastikan pemberi fasilitas kredit online, Anda juga harus memastikan kredibilitas toko online terkait, khususnya di e-commerce yang menjalankan bisnisnya dalam format marketplace alias siapa saja biasa berjualan via e-commerce tersebut. Pastikan toko online terkait memiliki kredibilitas yang baik memelui komentar atau review dari customer sebelumnya yang pernah berbelanja di toko online tersebut.

Hal terakhir dan terpenting adalah pastikan kemampuan kita sebelum mengambil fasilitas kredit online. Apakah kita mampu membayar cicilan hingga lunas dan apakah kita mampu untuk membayar cicilan di tanggal-tanggal yang sudah ditentukan. Apabila belum yakin, sebaiknya hindari mengambil fasilitas kredit online agar tidak terlilit hutang di kemudian hari.

turnonpost-copy.jpg

​Tantangan Algoritma Baru Instagram

rencana-liburan-1.jpg

Rencanakan Liburan Hemat agar Cicilan Tak Membengkak

faspay_finspire_2017.jpg

​FASPAY at Finspire 2017