3 Fitur Gamification dalam E-Commerce

pexels-photo-682933.jpg

Gamification merupakan suatu cara meraih perhatian customer dengan cara mengadaptasi fitur yang berlaku dalam game. Penerapan gamification sudah dimulai sejak 2017 pada dunia e-commerce. Salah satu contoh, memberi badge reward untuk pelanggan yang sering berbelanja di tokonya. Tahun ini pun Anda tak perlu ragu menerapkannya ke dalam bisnis online karena game disukai semua kalangan.

Jika Anda salah satu pelaku e-commerce yang tengah mencari cara untuk membangkitkan ketertarikan customer dan berujung pada pembelian, coba fitur-fitur gamification berikut ini.

Loyalty Points

Loyalty Point merupakan program yang cukup sering ditemui dalam e-commerce. Cara ini turut meningkatkan brand loyalty yang berarti pengunjung kembali ke website Anda setiap hari. Sesungguhnya membuat customer kerap kembali ke website Anda bukanlah perkara mudah. Karena itu, ‘ajaklah’ mereka bermain games, semisal mystery wheel. Customer yang ikut bermain akan penasaran dengan ‘berapa poin yang saya dapatkan kali ini?’ Cara ini menstimulasi customer untuk mengoleksi poin hingga bisa ditukarkan dengan beragam items atau diskon belanja di sejumlah pihak kerja sama.

Leaderboard

Biasanya, Leaderboard muncul di games yang bersifat kompetitif. Cara ini terbilang cukup efektif mengingat sifat dasar manusia yang menyukai kompetisi. Dengan cara ini, Anda bisa mengurutkan jumlah poin yang sudah didapatkan tiap-tiap customer berdasarkan ranking. Anda tak perlu berupaya lebih, insting kompetitif mereka akan otomatis mengejar “ketertinggalan.”

Negotiation

Kapan terakhir kali Anda melakukan nego saat belanja? Biasanya, negosiasi terjadi antara penjual dan pembeli secara langsung. Namun, bagaimana kalau teknik ini pun bisa Anda lakukan secara online? Kini fitur Negotiation sudah diadaptasi oleh e-commerce, di mana fitur “nego harga” hadir agar pembeli bisa menawar item yang akan dibeli, selayaknya negosiasi di toko offline. Ada rasa puas ketika harga barang yang dinego kemudian ‘memenangkan’ perundingan. Suka tidak suka, cara ini akan membuat customer mengingat toko online Anda dan kembali berbelanja.

Gamification hanyalah sebagian cara untuk menaikkan popularitas website dan bisnis Anda sendiri. Di balik itu, untuk menjamin keamanan transaksional dan kelancaran customer mengakses website, Anda perlu melengkapinya dengan payment gateway berlisensi.

Faspay merupakan salah satu licensed payment gateway yang memastikan keamanan payment online. Dengan ini, Anda bisa menambahkan fitur online payment dari merchant kerja sama seperti bank BNI dan lain-lain.

Selasa-Start-Up-Frecy-Faspay.jpg

​Faspay on DailySocial’s #SelasaStartUp: Online Payment Behavior

customer-service-1.jpg

​​Customer Service Sebagai Sales Tools

xfas-3.jpg

Xfas – Lahir Untuk Membantu Para Social Media Seller