Simak Tren eCommerce 2018

tren_ecommerce.jpg

Setiap hari, ada saja alasan seseorang belanja online. Di tahun 2017, robot chat atau chatbot menjamur di ecommerce. Tahun ini, bersiap-siaplah menyambut tren yang akan berlangsung sepanjang 2018.

1. Penjual toko offline membuka toko online

Pertumbuhan ecommerce di Indonesia secara positif menggeser kebiasaan berbelanja masyarakat ke arah online. Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) bahkan memprediksi ada lebih dari 50 gerai retail akan berhenti buka toko offline dan mencoba format bisnis online agar sesuai zaman. Riset ShopBack terhadap lebih dari 1.000 responden Indonesia melihat bahwa 70,2% responden mengaku lebih sering berbelanja online daripada offline. Bahkan, 83,1% ke toko offline untuk melihat barang kemudian membeli secara online mengingat banyak promo diskon yang ditawarkan platform eCommerce.

2. E-wallet

Sepanjang 2017, ada beberapa e-wallet yang sering dibicarakan, yakni Go-Pay, Jenius, TCash, Pay Pro, dan OVO. Tahun ini, e-wallet akan bekerja sama dengan pihak lain untuk memudahkan pembayaran masyarakat. Bersiap-siaplah memanfaatkan e-wallet pada pertumbuhan ini.

3. Same Day Delivery Service

Beberapa tahun ke belakang, pengiriman barang mengalami kendala. Namun, kemunculan jasa transportasi online yang menyediakan service pengiriman barang lumayan memberi solusi. Customer menginginkan barang pesanannya cepat sampai sehingga layanan Same Day Delivery dan One-Day-Service Delivery banyak dipilih. Meskipun demikian, pelayanan ini hanya berlaku untuk pengantaran di kota yang sama.

4. Penjualan tiket online

Sektor lain juga bisa memanfaatkan pertumbuhan ecommerce tahun ini khususnya pada penjualan tiket. Penjualan tiket transportasi, acara-acara konser dan pertunjukan atau event akan semakin marak dijual secara online.

5. Reseller toko online

Para penjual reseller yang memanfaatkan social media tahun ini akan bermigrasi ke platform ecommerce alias berjualan di toko online, seperti Bhinneka. Mengapa? Menurut ShopBack, Google mencatat Top 10 trending pencarian sepanjang 2017 seputar “cara menjadi…”. Dari data, masyarakat penasaran cara menjadi agen, reseller, dan penjual toko online. Bahkan, salah satu platform ecommerce sudah memiliki fitur dimana penjual di Instagram dapat menjual produk langsung ke akun ecommerce tersebut.

Jika Anda berniat melebarkan sayap di bidang ecommerce tahun 2018, bisa coba terapkan tren di atas. Beberapa faktor akan turut menentukan keberhasilan toko online Anda, salah satunya yang kami bahas di artikel sebelumnya, payment gateway berlisensi.

Customer-satisfaction-and-loyalty-research-faspay-1.jpg

Customer Satisfaction & Loyalty Research, Sudahkah dan Perlukah untuk Anda Lakukan?

qr-payment-faspay_181214_174418.jpg

QR Code Payment, Alat Pembayaran Masa Depan?

Faspay_brand-engagement.jpg

Brand Engangement: Tap Into Your Customer’s Behaviours