Kenapa Payment Gateway Berlisensi Wajib Ada di Online Store?

online_shopping.jpg

Persiapan membuka toko online tidak terbatas pada kategori barang yang dijual dan dibeli. Di tengah-tengah itu, ada proses pembayaran. Selain menentukan metode pembayaran yang mempermudah customer dan Anda sendiri saat menerimanya, Anda pun wajib menentukan keamanan proses transaksi. Salah satunya dengan memperhatikan payment gateway yang tepercaya.

Sebelumnya, Bank Indonesia sebagai salah satu wakil negara dalam mengatur keamanan proses perbankan mengeluarkan peraturan tentang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) alias National Payment Gateway (NPG). Semua penyelenggara financial technology (fintech) wajib mengajukan proses lisensi dari BI untuk menjalankan transaksi.

Customer Anda akan merasa lebih terlindungi dan nyaman kan kalau transaksi berbelanja melalui alat yang aman. Jika Anda masih bingung kenapa harus ada fitur penting ini terutama yang berlisensi, berikut alasannya.

Memiliki Kesan Tepercaya

Payment gateway merupakan sistem otorisasi pembayaran dari pembeli ke penjual. Semua toko online wajib menggunakannya agar customer percaya melakukan transaksi di toko Anda. Lisensi dari pihak yang berwenang, Bank Indonesia, akan menambah kepercayaan mereka terhadap pelayanan Anda.

Tidak Perlu Menyediakan Banyak Akun Bank

Tanpa mengikuti teknologi terkini, toko online membuka banyak rekening di bank berbeda untuk menampung pembayaran. Ini merepotkan dan memakan waktu. Namun, dengan payment gateway Anda cukup memiliki satu rekening bank dan menerima dana transfer dari bank apa pun.

Memberi Metode Pembayaran yang Fleksibel

Menyediakan beberapa metode pembayaran di toko online Anda akan membuat customer nyaman. Dengan kecanggihan teknologi terkini, Anda tak lagi hanya menyediakan metode transfer, tapi juga CC, debit (BCA KlikPay, Mandiri Klikpay, BNI) dan e-wallet. Gerbang pembayaran akan menjaga kerahasiaan informasi dan data customer sekaligus memproses ribuan transaksi secara singkat.

Mempermudah Anda Juga

Kenyamanan bertransaksi online tak hanya mempermudah customer, tapi Anda juga. Dashboard dalam fitur bisa membantu proses rekonsiliasi penjualan. Misalnya, laporan penjualan, detail customer, void, dan refund transaksi. Adanya kemudahan ini tidak merepotkan mereka untuk mengonfirmasi ulang pembayarannya. Bahkan, transaksi melalui CC akan dilindungi fraud detection untuk mencegah kecurangan pembayaran.

Pastikan customer Anda kembali ke toko online Anda berkat keamanan payment gateway!

belanja-online.jpg

Social Media Seller

pexels-photo1.jpg

Sistem Pembayaran Online Memudahkan e-Commerce di Indonesia

faspay_finspire_2017.jpg

​FASPAY at Finspire 2017