5 Cara Meminta Feedback Customer

feedback.jpg

Ketika Anda serius menekuni dunia bisnis, pelanggan adalah faktor penting dalam perkembangannya. Semakin banyak pelanggan yang puas dengan produk/jasa Anda, semakin besar pula kemungkinan sukses. Mendapatkan feedback positif dari pelanggan akan turut mempengaruhi calon pelanggan Anda kelak.

Untuk itu, apabila Anda menilai pelanggan yang didapat hanya sedikit, bisa jadi ada sesuatu yang kurang memuaskan. Anda tidak perlu turun langsung untuk mencari feedback dari customer. Gunakan lima cara teratas berikut ini.

Live Chat

Fitur Live Chat bisa dengan mudah dilihat di website, contohnya e-commerce. Ibaratnya, Anda selaku Customer Service mengobrol secara langsung dengan customer dan mendapat feedback. Dengan Live Chat, pelanggan akan merasa lebih dekat dengan Anda karena chat yang dilakukan akan ditanggapi saat itu juga.

Survei Online

Cara ini pasti sering Anda lihat baik secara online maupun offline. Manfaatkan fitur survei online Google Forms atau SurveyMonkey untuk menjangkau customer di mana saja. Berikan pertanyaan yang bersifat potensial untuk memperoleh feedback yang valid dari customer. Selain menyediakan jawaban berupa pilihan, sediakan juga pertanyaan yang berupa esai.

Email

Pastikan Anda menanyakan alamat email pelanggan yang berkunjung ke website Anda di bagian subscribe newsletter. Alamat email ini berguna untuk memperoleh feedback dari mereka. Jangan hanya memanfaatkan email untuk memberi update katalog terbaru, tetapi tanyakan apakah mereka puas dengan layanan Anda dan saran untuk meningkatkan kualitas.

Fanpage Social Media

Selain website, Anda juga perlu membuat akun social media untuk bisnis Anda. Fungsinya tak sebatas memasarkan produk, tetapi juga wadah bagi pelanggan untuk menyampaikan feedback. Bahkan, tak jarang Anda melihat para pelanggan bersahut-sahutan membalas komentar, kan? Komentar yang masuk di tiap post memungkinkan Anda tahu bagaimana respons pelanggan terhadap produk Anda.

Kotak Contact

Sebaiknya Anda menggunakan form pada halaman Contact di website, yang akan berguna bagi pelanggan untuk mengirimkan pertanyaan atau feedback. Kalau bisa, kotak komentar ini terlihat oleh pelanggan yang berkunjung ke website di area yang langsung terlihat.

Cara mana yang paling berhasil bagi Anda?

Antisipasi Penurunaan Omzet Bisnis Usai Lebaran

Antisipasi Penurunaan Omzet Bisnis Usai Lebaran

welcome-bni-1-va-faspay-new.jpg

BARU! Virtual Account BNI telah tersedia di Faspay.

fintech-lending.jpg

Cara Mengajukan Pinjaman Modal dari Fintech untuk Kembangkan Bisnis UMKM Anda