3 Faktor yang Menentukan Usability Website Anda

pexels-photo-196644-1.jpg

Apakah toko online Anda mudah diakses? Jika menurut Anda iya, mudah, mungkin Anda perlu me-review lagi dari sudut pandang pengunjung.

Sebuah toko online dengan usability tinggi cenderung memudahkan customer membeli produk Anda, apalagi kalau bisa dilakukan secara efektif dan cepat. Usability yang dimaksud tercakup dimulai dari waktu browsing dan menemukan apa yang customer cari hingga akhirnya membeli. Semakin cepat customer menyelesaikan proses ini, semakin besar kemungkinan menjadi repeat customer.

Lantas, apa saja yang harus dipatuhi agar usability web e-commerce Anda lebih baik?

1. Buatlah Navigasi yang Mudah

Kebanyakan website memiliki navigation bar di bagian atas dan di sisi halaman. Tak jarang pula submenu digunakan pada bagian ini. Skema navigasi yang kurang umum bisa menyebabkan pengunjung kebingungan mengeksplorasi website Anda. Karena itu, tetaplah buat navigasi yang simple dan logis, seperti menstruktur situs berdasarkan kategori produk.

Struktur web yang logis juga bisa Anda tampilkan menggunakan breadcrumb navigation, yang akan menunjukkan pengunjung di halaman mana mereka berada. Jangan lupa menyertakan search bar agar pengunjung dapat dengan cepat mencari barang yang spesifik.

2. Gunakan Lebih Banyak White Space

Untuk website e-commerce yang pada dasarnya dipenuhi produk, Anda tidak harus mendesain web dengan sesak pula. Website e-commerce tetap dapat dibuat nyaman dengan memberinya sedikit ruang. Untuk mengakalinya, berikan white space atau jarak yang menyerupai border di sekeliling produk. Dengan begini, produk yang Anda highlight terlihat menonjol secara natural.

3. Pastikan Tombol Add to Cart Mudah Dilihat

Button (tombol) Add to Cart lazim ada di situs-situs e-commerce. Tombol add to cart serupa call to action yang wajib stand out dibandingkan elemen-elemen lain, semisal tombol add to wishlist dan share. Tempatkan tombol add to cart di lokasi yang mudah dilihat (prominent) dan tampak jelas. Pilihlah warna yang mencolok khusus untuk tombol ini. Jangan gunakan banyak kata di tombol dan pertimbangkan button lagi di bagian bawah halaman.

Ketiga guideline tersebut bisa Anda gunakan untuk mempermudah pengunjung menemukan dan membeli kebutuhan mereka di toko online Anda. Tentu saja, selain ketiga cara di atas, Anda perlu melengkapi transaksi pengunjung dengan sistem pembayaran yang aman dan tepercaya.

VA-Banner.png

​Manage Your Expenses With Virtual Credit Card

tren_ecommerce.jpg

Simak Tren eCommerce 2018

faspay-bascomm-bali-2017.jpg

Bali Sales & Marketing Summit 2017