Tips Memilih Payment Gateway yang Sesuai untuk Bisnis Online Anda

pexels-photo-164501

Istilah payment gateway mungkin sudah tak terdengar asing bagi pegiat bisnis online seperti Anda. Jika masuk ke suatu website e-commerce, Anda akan diminta memilih metode pembayaran online pada proses checkout. Credit Card, Debit, dan Transfer merupakan yang paling umum digunakan pada pembayaran e-commerce.

Peran payment gateway mengamankan proses pembayaran dari website e-commerce ke merchant bank kerja sama atau saluran pembayaran. Jadi, Anda tak perlu khawatir proses transaksi online tak aman sebab informasi pribadi seputar alat pembayaran yang Anda gunakan terlindungi.

Sebagai metode pembayaran online yang aman, payment gateway memiliki kelebihan sendiri, antara lain aman, cepat, dan praktis. Anda bisa mengetahui kemudahan metode pembayaran online ini di artikel sebelumnya.

Mengingat transaksi Anda akan dilakukan serba-online, maka perlu teliti menyediakan payment gateway terbaik yang aman untuk website Anda.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Di Indonesia, ada beberapa channel pembayaran yang populer. Namun, tak semua tepat untuk bisnis online Anda. Semisal, Mimopay cocok digunakan jika website Anda fokus pada game. Selainnya, Anda bisa gunakan payment gateway yang kredibel di Indonesia. Menyesuaikan dengan jenis website Anda akan memberi kenyamanan pada customer dan Anda sendiri.

2. Pertimbangkan Benefit Metode Pembayaran Online yang Tersedia

Baik metode credit card maupun transfer, benefit yang disediakan berbeda. CC lebih mudah dan cepat, juga bisa digunakan di semua perbelanjaan. Namun, transfer bisa digunakan semua customer yang tidak memiliki CC. Jadi, tetap pertimbangkan benefit yang bisa dirasakan langsung agar transaksi online nyaman.

3. Pastikan Saluran Pembayaran (Payment Channel) yang Anda Pilih Kredibel

Kredibilitas sistem pembayaran online bisa dilihat dari banyaknya review positif customer dan kemudahannya. Anda bisa menentukan sendiri mana yang terbaik berdasarkan fleksibilitas dan variasi merchant bank yang disediakan.

Semakin banyak merchant bank yang diajak kerja sama, maka semakin mudah pula customer website Anda melakukan pembayaran online secara aman. Perhatikan juga saluran pembayaran yang diberikan. Contoh, Faspay memungkinkan customer membayar melalui CC, internet banking, online transfer, mobile banking, e-wallet, hingga convenience store.

Setelah Anda mengetahui cara memilih payment gateway tersebut, sudah siapkah sekarang Anda membangun bisnis online?

Related Articles

Faspay Brunch “Online Start Up & Success Path”

68045cbc-4daa-4909-a035-2554f84b288b.jpg

Jangan Biarkan Flash Sale Membuat Finansial Anda Berantakan

jangan_biarkan_flashsale.jpg

3 Cara untuk Memahami Konsumen Digital

3 Cara untuk Memahami Konsumen Digital