Bagaimana Email Marketing Bekerja untuk Bisnis Online?

Bagaimana-Email-Marketing-Bekerja-untuk-Bisnis-Online.jpg

Email marketing masih menjadi tool dalam menjangkau konsumen untuk membagikan informasi dengan cepat, tepat, dan lebih luas. Lewat fiturnya, email marketing mampu meningkatkan engagement brand dengan target market yang sesuai.

Jika sebuah brand ingin menyampaikan informasi lewat newsletter, terdapat 28% konsumen yang mau berlangganan dari toko tertentu. Email marketing juga cukup ampuh menjangkau semua umur dan profesi. Sebuah studi dari Loyalty360, mengungkapkan 59% ibu rumah tangga bersedia berlangganan email dari sebuah produk, selama dengan iming-iming hadiah, diskon, dan lainnya.

Artikel sebelumnya telah membahas tipe email marketing. Kali ini bagaimana email marketing bisa bekerja untuk brand Anda.

Tips 1: Menulis Subject Email Marketing

Jika Anda percaya dengan love at the first sight, maka subject email seperti target. Barisan tulisan singkat yang pertama kali dibaca oleh subscriber akan menjadi penentu apakah mereka mau membuka email atau justru langsung menghapus. Menulisnya sedikit tricky, tapi tips di bawah ini bisa membantu.

  • Hilangkan kalimat tak penting. Studi Mailchimp menemukan 93% responden menyukai subject yang mengandung informasi tepat, padat, dan dibutuhkan.
  • Menggambarkan isi email. Subject berisikan inti email. Dibandingkan dengan “Tips diet untuk wanita” lebih baik “Tips diet untuk wanita tanpa rasa lapar.”
  • Pendek. Subject yang pendek, berkisar antara 25-30 karakter, akan lebih efektif dan memudahkan dibaca lewat smartphone.
  • HINDARI PENGGUNAAN HURUF KAPITAL. Subscriber menganggap negatif kalimat dengan tanda seru yang berlebihan.
  • Bersifat urgensi. Jika ada info penting, seperti tawaran menarik, gunakan kalimat bersifat urgensi. Contohnya: “[Hari Terakhir!] Belanja Dikit, Diskon Banyak!” Atau “Free shipping dalam 24 Jam!”

Tips 2: Memilih Waktu yang Tepat

Kapan waktu yang tepat untuk mengirim email marketing? Ada beberapa pilihan waktu sebenarnya, seperti pukul 09.00-10.00 WIB, 17.00-19.00 WIB, atau 20.00-21.00 WIB. Meclabs Institute pernah melakukan percobaan selama 14 hari dalam mengirim email marketing setiap harinya pada pukul 3 pagi dan 3 sore. Hasilnya, waktu yang tepat untuk mengirim email marketing jatuh pada hari Minggu di pukul 3 sore.

Tips 3: Layanan Email Marketing

Terdapat beberapa platform email marketing yang bisa digunakan untuk memudahkan Anda menjalankan strategi pemasaran email.

  • AWeber
  • Get Response
  • Campaign Monitor

AWeber bisa dikatakan sebagai platform email marketing, baik untuk pemula maupun professional. Terdapat setidaknya 700 HTML templates yang dapat dipilih. AWeber mampu terintegrasi dengan WordPress, PayPal, Facebook, dan lainnya dengan kemudahan drag-and-drop serta in-depth analytics.

Get Response akan sangat cocok digunakan untuk brand kecil dan menengah. Terdapat beberapa fitur, seperti split test ke lima email yang berbeda, landing page untuk kreator, bisa menciptakan desain email sendiri, drag and drop email builder, analisis, dan A/B testing.

Campaign Monitor merupakan platform pilihan lainnya. Terdapat fitur drag and drop email newsletter editor, A/B testing, ratusan template HTML, analytic, dan terintegrasi dengan media sosial.

fc1b9048-bf28-40aa-8147-520b5d8e2daa.jpg

​Partisipasi Faspay dalam Hybrid Marketing for Indonesia E-Commerce  

Electronic-Money.jpg

​E-Wallet? Yay or Nay?

bisnisOnline-1.jpg

​Tips Meramaikan Transaksi Online di Toko Anda