Creative Innovation

inovasi.jpg

Persaingan yang ketat menuntut perusahaan untuk selalu melakukan inovasi, tujuannya tentu agar konsumen tidak merasa jenuh dengan produk yang sudah ada. Ketika banyak perusahaan berlomba-lomba untuk melakukan inovasi, satu hal yang harus diingat, bahwa inovasi yang ada lakukan harus memenuhi kebutuhan konsumen. Menurut Kotler dan Armstrong (2006), product is anything that can be offered to a market for attention, acquisition, use, or consumption that might satisfy a want or need. Apabila dulu penggunaan ponsel hanya terbatas pada sms dan telepon, maka sekarang ponsel atau yang lebih dikenal sebagai smartphone, sudah bisa digunakan untuk berfoto, mendengarkan musik, dan internet.

Hal ini juga terjadi dalam industri ecommerce, jika menilik awal mula belanja daring di Indonesia, kaskus adalah salah satu pelopor dalam jual beli barang online, dimana penjual cukup memposting dalam satu thread jual beli, transaksi berlanjut dengan bertukar pesan melalui ponsel, berujung dengan cash on delivery (COD). Sekarang, kita tengok ecommerce saat ini, bermacam website ecommerce muncul dengan fitur-fitur interactive seperti newsletter, live chat, dan berbagai macam inovasi lainnya bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada calon pembeli. Bahkan cara pembayaranpun sudah lebih beragam, tidak lagi hanya COD ataupun ATM transfer, berbagai ecommerce melengkapi channel pembayaran mereka dengan pembayaran credit card, internet banking, e-wallet, bahkan ada fintech yang bisa membantu pembayaran belanja anda dengan kredit tanpa harus terikat dengan satu bank tertentu.

Ketika satu brand berhasil menciptakan satu produk dengan fitur cemerlang, beberapa saat kemudian brand lain juga berhasil menciptakan inovasi yang mengungguli fitur tersebut. Dan hal ini terus berulang karena begitu cepatnya perkembangan teknologi. Akibatnya, customers expectation-pun turut melambung tinggi, karena upgrade yang cukup konstan terhadap suatu produk, iPhone user kini selalu mengharapkan inovasi terbaru dalam ponsel Apple setahun sekali diikuti dengan upgrade software setiap beberapa bulan. Lantas apa yang dapat menjadi highlight? Inovasi diperlukan suatu brand untuk dapat bersaing dan bertahan dalam bisnis, namun yang perlu diingat adalah dengan inovasi yang cukup berlari kencang ini, brand harus ingat akan identitas mereka, dan tetap mempunyai originalitas produk yang membuatnya berbeda dengan kompetitor lainnya sehingga tetap memiliki unique selling point-nya.

rencana-liburan-1.jpg

Rencanakan Liburan Hemat agar Cicilan Tak Membengkak

iff-2018-3.jpg

FASPAY dalam acara “Indonesia Fintech Fair 2018”

Faspay_ADITIF-JDV.jpg

Banking For Startups