​​Customer Service Sebagai Sales Tools

customer-service-1.jpg

Apa saja yang menjadi faktor penentu seorang customer memutuskan untuk melakukan pembelian suatu
barang? Tentu semua berawal dari kebutuhan yang kemudian akan bertemu dengan produk yang sesuai dan harga yang
sesuai dengan budget yang diinginkan. Lantas apa yang dapat mengubah pembelian pertama menjadi pembelian
berulang hingga dapat memberikan rekomendasi bisnis anda kepada orang lain?

Pernahkah anda memutuskan untuk tidak jadi membeli suatu barang walaupun barang dan harga sudah sesuai namun
pelayanan yang diberikan sangat buruk? Pelaku bisnis terkadang melupakan pentingnya customer service
dalam mendongkrak penjualan dan loyalitas pelanggan terhadap suatu brand. Faspay Update edisi
bulan ini akan mengupas beberapa strategi yang dapat dilakukan dalam menyusun strategi customer service.

  • Communication skills; mampu berkomunikasi dengan berbagai macam jenis customer yang berbeda
    dengan bahasa yang mudah dimengerti. Mendengarkan menjadi kunci utama ketika melakukan komunikasi dengan
    pelanggan yang sedang bertanya soal produk ataupun mereka yang sedang mengajukan keluhan; dengar apa yang
    mereka ingin sampaikan kemudian berikan jawaban yang sesuai dan bahasa yang baik.
  • Product knowledge; komunikasi yang baik harus didukung dengan pengetahuan customer service staff
    anda mengenai produk secara luar dalam. Kesigapan memberikan jawaban atas pertanyaan apapun yang diajukan
    oleh customer akan meningkatkan kepuasan pelanggan, jawaban yang tidak lengkap akan membuat customer
    semakin bertanya-tanya dan mengurangi ketertarikan terhadap brand. Contohnya: Customer service
    sebuah provider telco tentunya harus dapat memberikan saran paket data yang cocok digunakan oleh
    kebutuhan pelanggannya.
  • Quick response; respon yang cepat dan tanggap dapat mempengaruhi seberapa besar customer
    dapat loyal terhadap brand anda. Waktu yang dicuri dari pelanggan menunjukkan kita tidak menghargai
    mereka, tentu brand anda sudah jelek di mata mereka.
  • Never over promised; terkadang untuk membuat senang customer kita dengan mudahnya memberikan
    janji-janji surga yang nantinya tidak dapat dipenuhi. Faspay, sebagai online payment gateway di
    Indonesia selalu berusaha memberikan janji yang dapat dipenuhi, mulai dari waktu settlement dan
    pelayanan yang prima. Jangan menjanjikan hal yang tidak bisa kita berikan, customer yang kecewa akan
    meninggalkan kita.
  • CS Standard Operation Procedure (SOP); keempat hal yang sudah disebutkan diatas harus diatur dalam
    satu SOP ketika dihadapkan dengan prakteknya. Hal ini dimaksudkan agar customer service yang diberikan
    konsisten terhadap semua pelanggan. Brand yang baik harus memiliki konsistensi terhadap segala aktivitas
    mereka sehingga dapat menghasilkan opini profesional.
  • Love your brand; semua berawal dari internal, pegawai yang mencintai brand mereka sendiri,
    cenderung akan memberikan customer service yang maksimal kepada pelanggan. Memberikan pengaruh yang positive
    terhadap brand akan membuat customer mereferensikan brand anda kepada kerabat mereka.
Faspay_ADITIF-JDV.jpg

Banking For Startups

pexels-photo-267447.jpg

5 Email Marketing yang Akan Menjadi Tren di 2018

iff-2018-3.jpg

FASPAY dalam acara “Indonesia Fintech Fair 2018”