Brand Engangement: Tap Into Your Customer’s Behaviours

Faspay_brand-engagement.jpg

Perkembangan dunia bisnis menyebabkan perkembangan aktivitas suatu merek menjadi lebih complex. Suatu merek tidak lagi hanya sebuah nama suatu produk, namun layaknya manusia yang harus berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya untuk memperoleh eksistensinya. Jika dijelaskan secara singkat, brand engagement adalah proses pembentukan hubungan rasional dan emosional antara seseorang dengan sebuah merek. Brand engagement kini menjadi suatu hal yang patut dikedepankan dalam menyusun suatu strategi marketing yang sesuai dengan targetnya. Brand engagement yang berhasil akan meningkatkan loyalitas brand dari customer yang akan menghasilkan repeat order dan penyebaran positive word of mouth mengenai merek tersebut.

Di perkembangan dunia digital aktivitas brand engagement banyak berkutat dengan menggunakan social media, jenis engagement pun beragam, mulai dari memberikan post berupa quotes untuk memotivasi follower brand, menciptakan quiz-quiz menarik yang memancing followers untuk berpartisipasi hingga membagikan konten tersebut kepada orang lain, quiz semacam ini terkadang memberikan hadiah menarik juga sebagai bentuk apresiasi, bahkan penggunaan email marketing dengan pesan personalized bertujuan untuk meningkatkan interaksi individu dengan customer, seakan suatu brand berbicara dengan mereka.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan brand engagement yang baik, diantaranya:

  • Know your audience; siapa yang menjadi target market anda. Profil customer anda menjadi modal dasar ketika suatu merek ingin berinteraksi. Anda tentu ingin tahu background lawan bicara anda bukan?
  • Right content for the right audience; dari profiling tadi, ciptakan konten yang sesuai dengan interest mereka. Misalkan anda ingin melakukan engagement dengan market remaja, gunakan konten yang ringan, fun, dan trendy untuk menarik atensi mereka. Menggunakan konten yang serius dan bahasa yang berat akan menghilangkan kertertarikan mereka terhadap suatu brand.
  • Perfect timing; berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Survey One, 31.9% responden melakukan aktivitas browsing internet di pagi hari (pukul 7.00-10.00), lalu 23.6% di siang hari (pukul 10.00-14.00), dan 20.8% di malam hari (pukul 20.00-00.00). Jika anda ingin meluncurkan suatu blast konten promo dapat dilakukan di waktu-waktu dimana banyak orang sedang membuka social media mereka.
  • Good administrator always replies; social media menuntut seorang admin untuk selalu aktif dan siap untuk menjawab segala inquiry yang masuk. Jika terlalu lama mendiamkan suatu komen, akan berakibat buruk terhadap persepsi orang terhadap merek anda. Tagging dan komen terhadap profile customer dan partner akan meningkatkan engagement lebih baik lagi.
  • Know when to stop; ada kalanya customer akan tiba di titik jenuh ketika melihat postingan anda, terlalu sering memposting konten promosi yang sama akan membuat customer anda bosan dan mengganggu, hal ini dapat berakibat mereka akan melewati postingan anda selanjutnya bahkan mengikuti perkembangan brand anda. Buatlah perencanaan mengenai timing dan kuantitas postingan anda secara tepat.
  • Tap into their emotion; selayaknya manusia, mereka juga dapat memiliki perasaan. Pendekatan emosi melalui konten dapat meningkatkan brand engagement lebih baik lagi dengan menciptakan konten-konten yang relatable dengan audience.
ramadhan-1-yellow.jpg

Tips Persiapan Memasuki Bulan Ramadhan 2018

Bagaimana Startup Menjaga Agar Cashflow Tetap Positif

Bagaimana Startup Menjaga Agar Cashflow Tetap Positif?

Buka Puasa Bersama dan Faspay Update bersama Media

Buka Puasa Bersama dan Faspay Update bersama Media