​Indonesia Fintech Festival & Conference

Faspay_atFintech-Fest.jpg

Bertempat di ICE BSD, Tangerang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) menggelar event bertajuk Indonesia Fintech Festival & Conference. Acara akbar yang terselenggara selama dua hari di tanggal 29 & 30 September 2016 ini bertujuan untuk mengumpulkan semua stakeholder mulai dari regulator, institusi keuangan swasta, investor, startups, inkubator asosiasi industri, juga kalangan akademis guna memberikan kesempatan kepada mereka yang terlibat untuk dapat berkenalan dan menjalin kerja sama satu sama lain. Faspay yang merupakan industri pendukung eCommerce, berkesempatan untuk ikut serta dalam eksibisi ini.

Mengulik lebih dalam, sebenarnya apakah itu fintech? Financial Technology, memang sedang ramai menjadi bahan pembicaraan di dunia keuangan Indonesia. Perkembangan dunia digital, sekali lagi menjadi dorongan paling kuat bagi pertumbuhan fintech. Inovasi teknologi dalam fintech banyak yang sudah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja penggunaan e-wallet, mobile banking, dan e-banking yang saat ini menjadi satu kebiasaan baru di Indonesia.

Di awal kemunculannya, fintech sempat dianggap dapat menjadi pesaing baru dari bank karena memiliki beberapa fungsi yang seharusnya hanya dapat dijalankan oleh perbankan. Namun, melalui Fintech Festival & Conference ini, dipertegas bahwa fintech seharusnya dapat membantu meningkatkan inklusi, pergerakan ekonomi nasional, menyentuh masyarakat unbank dan diharapkan dapat memberikan kepercayaan kepada fungsi bank terhadap tipe masyarakat yang masih unbankable. Kedua, bagi dunia non-perbankan, fintech sendiri diharapkan dapat diberdayakan di sektor UKM, finansial non-perbankan, dan pasar modal untuk memperkuat roda perekonomian Indonesia.

Berangkat dari latar belakang ini, maka pihak-pihak terkait berkumpul untuk dapat berbagi pengetahuan sehingga tercipta regulasi yang jelas bagi fintech, dengan tujuan yang yang tentunya agar konsumen terlindungi. Regulasi ini juga nantinya untuk menghindari terjadinya bentrokan antara fintech dan usaha konvensional lainnya.

faspay_fintech_fest

rencana-liburan-1.jpg

Rencanakan Liburan Hemat agar Cicilan Tak Membengkak

outfit-tips.jpg

Alasan Pentingnya Menjaga Penampilan di Kantor yang Perlu Anda Tahu

fintech-lending.jpg

Cara Mengajukan Pinjaman Modal dari Fintech untuk Kembangkan Bisnis UMKM Anda