Email Marketing : Cara Baru Berkomunikasi Dengan Customer Di Era Digital

Faspay_Email-Marketing.jpg

Dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat, pun mempengaruhi bagaimana suatu brand beraktivitas dalam kegiatan pemasarannya. Kegiatan marketing tidak lagi hanya sekedar berpusat dengan beriklan di media saja. Ranah digital marketing berkembang cukup pesat juga dengan munculnya banyak channel-channel digital yang kini menjadi tools marketing andalan bagi suatu brand dalam berkomunikasi dengan target marketnya.

Salah satu tool yang cukup banyak digunakan saat ini adalah email marketing. Hingga beberapa saat yang lalu, belum banyak brand yang mengoptimalkan kegunaan email marketing ini. Padahal jika ditelaah lebih lanjut, channel ini menawarkan banyak fitur menarik yang dapat meningkatkan engangement brand dengan target market. Mengulik lebih dalam lagi, ada 3 tipe email marketing yang dapat dijalankan sesuai dengan kebutuhan brand anda :

  • Direct email, mengirimkan email ke alamat email tertentu dikarenakan penerima secara sukarela mendaftarkan dirinya untuk menerima informasi dari perusahaan yang didaftarkan (banyak dikenal istilah subscribe/unsuscribe). Isi content dapat berupa menyapa pelanggan baru dan informasi mengenai akun aktif social media lainnya.
  • Retention email, email yang dikirimkan secara berkala kepada database pelanggan lama berfungsi untuk mengingatkan pelanggan mengenai eksistensi brand. Email marketing jenis ini sering disebut dengan newsletter, yang dapat diterbitkan 2 minggu sekali ataupun sebulan sekali, tergantung dengan kebutuhan, biasa berisi update brand, artikel, dan promosi yang sedang berjalan.
  • Jika anda masih belum memiliki database yang cukup besar, anda dapat berpartner dengan brand-brand yang merupakan direktori dari industri anda, misalkan anda berbisnis makanan, dapat bekerja sama dengan vendor seperti Qraved untuk mendapatkan database yang cukup besar.

Kelebihan dari email marketing adalah pesan (konten) dapat disesuaikan isinya dengan penerima email tersebut sehingga bahasa yang disampaikan dapat terasa lebih personal, beberapa email marketing engine bahkan sudah sangat maju menawarkan fitur yang dapat mengatur isi konten yang berbeda, menentukan timeline yang dikirimkan, hingga email lanjutan yang disesuaikan dengan respon si penerima email. Selain itu informasi terkirim lebih cepat dan dapat menjangkau wilayah yang lebih luas, sehingga pada akhirnya akan mengurangi cost marketing.

Dalam merancang suatu email marketing, pastikan konten anda sesuai dengan target market anda hal ini akan mengurangi pelanggan untuk berhenti mengikuti newsletter anda. Buatlah judul yang dapat menarik perhatian seketika membacanya. Hindari melakukan file attack dimana pembaca harus mendownload terlebih dahulu konten yang kita sampaikan. Make it simple and clear, dengan menggunakan gambar dan link yang anda ingin sampaikan, make it as seamless as possible.

FASPAY-PERMATA.jpg

Faspay Gathering 2017 bersama Permata Bank

Diskonhayu-2017-faspay-cimb-clicks.jpg

​Diskonhayu HUT Jakarta ke-490!

pexels-photo-267447.jpg

5 Email Marketing yang Akan Menjadi Tren di 2018