Virtual Account = ATM Transfer ?

Faspay_Virtual_account.png

“Sudah saya transfer ya, sis!”

Kalimat ini sudah menjadi hal yang biasa didengar dikala proses transaksi jual beli online sudah selesai dilakukan. Kenyamanan saat melakukan proses belanja daring sudah banyak dirasakan oleh masyarat Indonesia. Tak heran sehingga bisnis e-commerce bertumbuh sangat pesat. Lalu bagaimana dengan proses rekonsiliasinya? Saat bisnis mulai berkembang dengan pesat sehingga menghasilkan order yang cukup banyak setiap harinya, apakah proses cek satu persatu untuk setiap transaksi yang katanya sukses ini menjadi efektif dan efisien?

Seiring dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang turut berkembang, sistem pembayaran online-pun mulai menjadi sebuah ‘engine’ wajib yang menjadi bagian dari bisnis e-commerce. Masyarakat kini disuguhkan pilihan-pilihan metode pembayaran yang cukup beragam guna memberikan kemudahan kepada pembeli ketika ingin melakukan transaksi. Adapun salah satu jenis pembayaran yang banyak digunakan adalah pembayaran melalui virtual account.

Apa itu Virtual Account dan bagaimana cara kerjanya? Dilihat dari definisi-nya virtual account adalah nomor rekening virtual yang diciptakan ketika kita melakukan transaksi, yang sifatnya sementara, dan nomor virtual account dapat berubah-ubah setiap melakukan transaksi baru. Yang terjadi ketika kita berbelanja daring dan memilih metode pembayaran virtual account, kita akan mendapat 16 digit nomor rekening, kemudian dengan nomor tersebut kita dapat melakukan pembayaran melalui ATM, internet banking, atau mobile banking layaknya melakukan transfer antar rekening saja. Apakah setelahnya diperlukan konfirmasi lagi kepada pembeli? Apakah penjual harus melakukan cek manual untuk setiap transaksinya? Tidak! Karena sistem notifikasi yang bekerja di belakangnya akan langsung dikirimkan kepada pembeli dan penjual secara realtime. Dengan kemudahan ini, maka proses belanja dapat berlangsung lebih cepat dan praktis.

Masyarakat Indonesia memang belum cukup familiar dengan istilah virtual account yang terkesan berat dan sophisticated sehingga menimbulkan persepsi yang salah mengenai penggunaan metode pembayaran ini. Walaupun sebenernya metode pembayaran ini sudah sering dilakukan dari sejak dulu

faspay-bascomm-bali-2017.jpg

Bali Sales & Marketing Summit 2017

1_BRI_Faspay_Gathering_Makassar.jpg

Faspay di BRI E-Commerce Gathering Makassar

jangan_biarkan_flashsale.jpg

Jangan Biarkan Flash Sale Membuat Finansial Anda Berantakan