​​Karakter Lawan Bicara

Generation-Gap.jpg

Dalam keseharian kita pasti berinteraksi dengan berbagai macam karakter manusia. Pada dasarnya prinsip komunikasi tidaklah semata-mata hanya memberikan informasi secara satu arah, namun bagaimana informasi itu dapat diterima dengan baik oleh lawan bicara. Begitu pula dalam lingkungan bisnis, kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu faktor penting untuk dapat menutup suatu transaksi bisnis.

Para pelaku bisnis selain membutuhkan pengetahuan kuat mengenai produk, juga harus dapat menguasai teknik komunikasi agar proses bisnis dapat berjalan dengan lancar. Disebutkan bahwa salah satu teknik dalam berkomunikasi yang baik adalah mengenal dengan baik karakter lawan bicara kita. Berikut adalah beberapa macam karakter yang mungkin anda temui pada saat berkomunikasi dan trick dalam ‘menaklukan’nya berdasarkan perbincangan dengan Prof. Richardus Eko Indrajit:

  • Generasi Veteran; mereka adalah kelompok yang lahir sebelum tahun 1946, generasi tertua saat ini adalah kelompok yang sudah nyaman dengan kehidupan mereka, mereka beranggapan bahwa perkembangan teknologi itu baik namun bukan untuk generasi mereka. Kelompok ini mengandalkan pertemanan satu sama lain dalam mengambil keputusan. Jika salah satu orang dalam kelompok ini memakai produk anda, maka akan lebih mudah mempengaruhi lainnya.
  • Baby Boomers; Kelompok yang lahir di era 1946-1962 ini adalah kelompok pekerja keras yang mentargetkan sukses dalam bisnis mereka. Dalam mengambil keputusan mereka mendasarkannya pada product value yang ditawarkan.
  • Gen X; awal perkembangan teknologi muncul di era Gen X, menyebabkan kelompok ini terbuka kepada setiap teknologi baru dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Orang-orang dalam generasi ini mengambil keputusan berdasarkan perkembangan terbaru dari suatu hal yang dapat memberikan keuntungan bagi hidup mereka saja namun belum menggunakan produk tersebut dengan maksimal.
  • Gen Y; merupakan generasi kedua yang merasakan perkembangan teknologi, dan banyak menggunakannya untuk aktivitas pribadi. Kelompok ini mengikuti tren perkembangan yang terjadi di lingkungan mereka. Sehingga saat berkomunikasi dengan kelompok ini, berbicaralah mengenai tren terbaru.
  • Gen Z; kelompok termuda yang ditemui dalam masyrakat ini terlahir dengan teknologi yang cukup maju, mereka bertumbuh dengan keberadaan gadget di tangan mereka. Teknologi sudah mendarah daging di kehidupan mereka dan merupakan gaya hidup. Berkomunikasi dengan kelompok dapat melalui informasi yang menjelaskan bahwa produk teknologi merupakan suatu kebutuhan dasar.

Kenalilah dulu karakter lawan bicara anda sehingga apa yang anda sampaikan dapat memberikan hasil positif.

Faspay-Official-Payment-Gateway-Bank-Indonesia-1-November-2017.jpg

Faspay is an Official Payment Gateway in Bank Indonesia

EddyTju_Faspay_IndonesiaMaritimeWeek2017.jpg

FASPAY at Indonesia Transport, Logistic and Maritime Week 2017

Semua-Mata-Tertuju-pada-Indonesia-img.jpg

Semua Mata Tertuju pada Indonesia